Salat Jumat Berjemaah di Kepri Digelar Pekan Ini

Salat Jumat Berjemaah di Kepri Digelar Pekan Ini

Masjid Raya Nur Ilahi di Dompak, Tanjungpinang. (Foto: Sutana/batamnews)

Tanjungpinang - Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau mengisyaratkan aktivitas ibadah salat Jumat berjemaah digelar mulai Jumat (29/5/2020). 

Plt Gubernur Kepri Isdianto mengatakan langkah ini menandai pembukaan kembali tempat-tempat ibadah yang sempat dinonaktifkan selama pandemi Corona.

Kebijakan ini merupakan salah satu langkah Pemprov Kepri dalam menyambut era kenormalan baru (new normal) yang dicanangkan pemerintah pusat, dimana Kepri masuk dalam pilot project kebijakan tersebut bersama Yogyakarta dan Bali.

"Dengan menyambut new normal ini, kita akan mulai dari membuka aktivitas masjid. Salat Jumat nanti akan kita buka, tapi dibatasi dengan protokol kesehatan," kata Isdianto di Tanjungpinang, Selasa (26/5/2020).

Isdianto juga mengungkapkan, langkah ini dilakukan, karena Pemprov Kepri khawatir akan terjadi tingkat kejenuhan masyarakat apabila pembatasan tempat ibadah terus dilakukan. 

Menurut Isdianto, Pemprov Kepri merasa yakin saat ini masyarakat sudah sadar akan bahaya virus Covid-19 ini, sehingga mampu untuk melindungi dirinya sendiri.

"Kenapa kita berani, karena masyarakat sudah sangat paham dengan bahaya Covid-19 ini, sehingga masyarakat bisa melindungi diri masing-masing," ujar Isdianto.

Isdianto juga menuturkan, setelah pelonggaran tempat ibadah ini, secara bertahap Pemprov Kepri akan mulai melonggarkan aktivitas di tempat umum lainnya. 

Tujuan utama dari pelonggaran di tempat umum itu terang Isdianto, tidak lain untuk menghidupkan perekonomian di tengah masyarakat Kepri.

"Saya yakin dengan begitu, roda perekonomian kita akan berputar dan berjalan normal kembali," harap Isdianto.

(sut)