Dilema Physical Distancing, Mal di Batam Kembali Diserbu Pengunjung

Dilema Physical Distancing, Mal di Batam Kembali Diserbu Pengunjung

Tampak sejumlah pengunjung di salah satu mal Kota Batam, Senin (18/5/2020). (Foto: Dyah/Batamnews

Batam - Sepekan menjelang lebaran Idul Fitri 1441 H, mal-mal di Batam yang semula sepi mulai ramai didatangi pengunjung, Senin (18/5/2020).

Kendati tak seramai Ramadan sebelumnya, namun tampak aktivitas mal mulai hidup kembali.

Dari pantauan Batamnews, mal-mal yang banyak dikunjungi warga untuk berbelanja seperti Nagoya Hill, Mega Mall, dan Grand Mall Batam mulai.

Puncak keramaian di dalam mal mulai terlihat pada sore hari, di jam-jam pulang kerja karyawan yaitu mulai pukul 16.00 WIB. Bahkan di Mega Mall, antrean panjang kembali terlihat di pintu keluar parkir menjelang berbuka.

Namun begitu, toko-toko di dalam mal mulai menerapkan physical distancing di dalam antrean terutama saat membayar di kasir.

Salah satunya adalah Matahari cabang Nagoya Hill Mall, yang mulai menerapkan jaga jarak dan pembatasan jalur masuk sejak 13 April 2020.

"Setiap pintu masuk kami disediakan pemeriksaan suhu tubuh, hand sanitizer dan masyarakat yang masuk wajib menggunakan masker," kata Asisten Store Manager Desi Pardede.

Setiap pengunjung yang telah melewati pemeriksaan akan diberi sticker bertuliskan MDS sebagai pertanda.

Sebagai pengingat, setiap 60 menit sekali Matahari akan mengimbau pengunjung untuk jaga jarak saat memilih barang yang akan dibeli.

"Kami berusaha semaksimal mungkin agar masyarakat tetap mengikuti protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Bahkan di kasir kami memberi garis merah untuk antrean," ujar Desi.

Walaupun berbagai himbauan dan aturan diterapkan, namun untuk didalam toko sendiri, masyarakat masih mengabaikan physichal distancing saat memilih barang yang dibutuhkan

Desi mengakui dalam menerapkan kebijakan tersebut staf toko terkadang kewalahan terutama di jam puncak toko yaitu mulai pukul 15.00 WIB.

Tidak hanya Matahari, UNIQLO juga menerapkan keluar masuk dengan satu jalur, setiap tamu yang masuk wajib menggunakan  hand sanitizer yang telah disiapkan.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews