Haji 2015

192 Visa Calon Haji Belum Terbit, Kemenag Targetkan 5 Hari Lagi Beres

192 Visa Calon Haji Belum Terbit, Kemenag Targetkan 5 Hari Lagi Beres

Para calon haji di Asrama Haji Batam. (foto: iskandar)

BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta - Hingga saat ini, terdapat 192 visa jamaah calon haji yang belum selesai dari jumlah 155.200 jamaah tahun ini.

Kasubdit Dokumen dan Perlengkapan Haji Kementerian Agama, Sofyan mengatakan pihaknya terus berkoordinasi dengan Kedutaan Besar Arab Saudi terkait penyelesaian visa jamaah haji Indonesia. Hingga saat ini pukul 21.00 WIB, menyisakan 192 visa yang tengah diproses.

"Hal ini merupakan sebuah progres yang signifikan. Mengingat pada hari sebelumnya tercatat sebanyak 1.111 visa belum terbit," kata Sofyan dilansir detik.

Sisa paspor yang terhambat ini lantaran berbagai faktor seperti perbaikan data, terlipat, kotor hingga tidak terbaca oleh mesin e-reader dari sistem e-hajj. "Namun demikian, kita akan terus berkomunikasi dengan Dubes Saudi Arabia untuk mencari solusi," terangnya.

Meski demikian, Sofwan menjelaskan terdapat 10 provinsi yang telah 100 persen diterbitkan visa-nya, yakni Jambi, Bengkulu, Bali, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Selatan, Papua, Kalimantan Timur, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, dan Sulawesi Barat.

"Kami berharap seluruh visa jamaah haji reguler ini bisa selesai dalam waktu tiga sampai lima hari ke depan, sehingga seluruh jamaah dapat diberangkatkan dengan rasa nyaman," ucapnya.

Lanjut Sofwan, untuk visa haji khusus, saat ini telah berhasil diselesaikan sebanyak 3.662 dari kuota sebanyak 12.200 jemaah.

Adapun, bagi jemaah haji yang terpisah dari kloter akibat tertunda visa, maka Kemenag akan memberangkatkan bersama dengan kloter berikutnya. Sesampainya di kota Mekah, mereka akan kembali digabung dengan kloter asalnya.

(ind/dtc)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews