Dari Batam ke Belgia, Chamelia Greeve Populerkan Jamu Tradisional ke Dunia Barat

Dari Batam ke Belgia, Chamelia Greeve Populerkan Jamu Tradisional ke Dunia Barat

Chamelia Greeve.

"Saya Chamelia Greeve (36). Saya besar di Batam. Kedua orangtua saya dari Payakumbuh, Sumatera Barat. Keluarga besar saya ada di Batam. Namun saat ini saya ikut suami tinggal di Eropa, tepatnya di Belgia sejak 2 tahun 3 bulan,"

Hal itu menjadi salam perkenalan Chamelia saat berbincang dengan batamnews via media sosial.

Apa yang dilakukan Chamelia di luar negeri sangat menarik untuk diulas. Dengan karyanya meracik jamu herbal, Ia pun turut mempromosikan kekayaan budaya Indonesia ke dunia internasional.

 

 

Chamelia selama ini tinggal di Belgia bersama sang suami, seorang yang berkebangsaan Belanda. Hal itu yang membuat ia menambahkan nama belakang Greeve di namanya

Berbaur dengan kehidupan barat tak melunturkan kecintaannya dengan produk dan hasil kekayaan tanah air. Bahkan ia mengembangkannya di benua eropa, yang notabene masyarakatnya cukup modern dalam konsumsi hal produk herbal dengan bahan kimia.

"Dengan jamu atau juice herbal asal Indonesia, saya berkarya dan membuat orang-orang tahu, bahwa dengan herbal kita bisa hidup sehat tanpa menggunakan kimiawi," ungkapnya.

Dikatakan Chamelia, Indonesia kaya akan herbal. "Dan di sini saya isi waktu senggang saya untuk membuat jamu untuk keluarga kecil saya," sebutnya.

 

Chamelia mempresentasikan produknya kepada Menlu, Retno Marsudi saat acara KBRI Belgia.

Chamelia juga memasarkannya ke beberapa kalangan, baik kepada WNI yang bekerja di KBRI Belanda dan Belgia, hingga ke kalangan diplomat.

"Saya di sini (Belgia) merasa sangat dihargai karya saya, sebagai orang pertama yang diundang di acara-acara penting KBRI karena yang saya kembangkan dengan produk jamu dan herbal ini," tukasnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews