Pelabuhan Roro Punggur Hanya Layani Rute Tanjunguban dan Karimun

Pelabuhan Roro Punggur. (Foto: Dyah/Batamnews)

Batam - Pelabuhan Roro  Telaga Punggur, Batam, saat ini hanya melayani dua rute angkutan penumpang.

Kepala Pos Syahbandar Telaga Punggur, Khomaruddin mengatakan saat ini hanya rute Batam - Tanjung Uban dan Batam-Karimun yang masih berjalan.

"Untuk tujuan Dabo dan Kuala Tungkal, saat ini angkutan penumpang ditiadakan," kata Khomaruddin kepada Batamnews, Senin (27/4/2020).

Khomar menerangkan, kedua tujuan tersebut telah dihentikan sejak awal April sebelum terbitannya larangan mudik dalam Permenhub Nomor 25 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Mudik Idul Fitri Tahun 1441 Hijriah dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19.

"Penghentian sementara ini karena ada edaran dari bupati sana (Lingga) untuk pejalan kaki tidak diperbolehkan," ujar Khomaruddin.

Namun kapal dari kedua rute tersebut tetap berjalan untuk angkutan barang, kendaraan dan sembako.

Larangan ini diperpanjang setiap 14 hari, dan diperkirakan berlangsung hingga larangan mudik dari pemerintah dicabut.

"Jadi sekarang kapal tujuan ini datang dengan muatan seperti buah, sayur dan barang sembat, pulangnya kosong," ungkap Khomaruddin

Sedangkan untuk Pelabuhan Buton, Khomar mengungkapkan saat ini pelabuhan di sana masih menjalani perbaikan sehingga tidak ada rute kapal yang berjalan.

"Kalau Buton kan saat ini sedang mengalami kerusakan (dermaga), jadi dihentikan dan mobilitas barang dialihkan ke Kuala Tungkal," jelasnya.

(das)