Biar Nggak Lemas, Makan 9 Sayur dan Buah Tinggi Cairan

Biar Nggak Lemas, Makan 9 Sayur dan Buah Tinggi Cairan

Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

Batam - Mengonsumsi buah dan sayur tinggi cairan sangat diperlukan saat puasa Ramadan. Dalam hal menahan haus, buah dan sayuran berikut ini memiliki kadar air yang tinggi untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi selama berpuasa. 

Berpuasa di tengah pandemi Corona seperti ini tentu ada tantangan tersendiri. Di saat harus membatasi asupan makanan dan minuman, tubuh juga dituntut lebih prima agar tahan dari paparan virus Corona.

Tak hanya itu, kandungan vitamin dan zat penting lain di dalamnya dapat turut meningkatkan imun demi menangkal virus-virus jahat.

1. Timun

Seperti dilansir dari Shape, timun mengandung 96 persen air. Maka tak berlebihan bila menyebut tumbuhan yang satu ini memiliki kandungan air paling tinggi di antara makanan lain. Sajikan dalam hidangan salad atau menjadi pelengkap untuk es buah.

2. Stroberi

Buah ini diketahui memiliki kandungan air sampai 92 persen. Tak hanya itu, stroberi juga kaya akan vitamin C dan antioksidan yang penting untuk menjaga daya tahan tubuh.

3. Kol

Kol termasuk salah satu sayuran yang rendah kalori sekaligus tinggi serat dan kaya akan phyto-chemical untuk mengurangi risiko kanker. Menambah khasiat tersebut, kadar air di dalam kol juga tergolong tinggi yakni 93 persen.

4. Grapefruit

Grapefruit bukan anggur. Namun, buah ini juga tidak dapat disamakan dengan jeruk Bali. Grapefruit adalah jeruk besar berkulit oranye dengan daging merah keunguan seperti anggur. Selain kandungan airnya mencapai 90 persen, grapefruit juga tinggi vitamin C.

5. Zucchini

 

Sayuran seperti timun ini diketahui memiliki kadar cairan sampai 95 persen. Zucchini juga merupakan sumber terbaik vitamin C, magnesium, potasium dan asam folat yang baik bagi kesehatan jantung.

6. Selada

Tak ada salahnya menyertakan selada sebagai lalapan untuk hidangan sahur. Pasalnya, sayuran yang satu ini memiliki kadar air hingga 95 persen sehingga ampun untuk menahan dahaga selama berpuasa. Tak hanya itu, kandungan vitamin K dan A juga tinggi.

7. Semangka

Kesegaran buah semangka tak bisa lepas dari kadar airnya yang mencapai 92 persen. Buah ini juga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi setelah berolahraga karena dapat membantu pemulihan otot-otot. Asam aminonya juga baik untuk jantung.

8. Brokoli

Brokoli dikenal kaya akan zat dan gizi yang berkhasiat dalam menangkal kanker. Belum lagi vitamin C dan K yang cukup tinggi. Manfaat tersebut juga disempurnakan dengan kandungan 91 persen air.

9. Tomat

Bukan rahasia lagi bila tomat memiliki kadar air yang cukup tinggi. Juga kaya antioksidan, tomat mengandung 94 persen air.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews