Sekadar Magang di NASA, Remaja Ini Temukan Planet Baru

Planet Ross 128b.

Sebuah planet baru ditemukan oleh NASA. Uniknya, planet ini ditemukan oleh seorang yang siswa yang sedang magang di agensi antariksa AS tersebut.

Remaja bernama Wolf Cukier itu tidak sengaja menemukan planet baru saat sedang melakukan tugas yang diberikan.

Dikutip dari The Guardian via Tekno Liputan6.com, Cukier saat itu sedang diberi tugas untuk mempelajari proses dua bintang yang saling melintas dapat menciptakan gerhana.

Menurut penuturannya, dia sedang fokus mengamati tata surya TOI 1338. Ketika melakukan pengamatan, dia melihat ada dua bintang yang menghalangi cahaya dan melaporkannya.

Setelah dilakukan penelusuran lebih lanjut selama beberapa minggu, pengawas Cukier mengatakan dia telah menemukan planet yang memiliki ukuran 6,9 kali lebih besar dari Bumi.

NASA menuturkan, saat ini hanya ada 13 planet yang pernah ditemukan dengan karakteristik serupa.

"Kira-kira saat magang di hari ketiga, saya melihat sinyal dari sistem bernama TOI 1338. Awalnya, saya pikir itu merupakan gerhana bintang, tapi waktunya tidak tepat. Ternyata itu, sebuah planet," tutur Cukier menceritakan pengalamannya.

Planet yang baru ditemukan itu lantas diberi nama TOI 1338 b. Riset mengenai planet itu pun telah dipresentasikan saat pertemuan American Astronomical Society 235 di Honolulu, Amerika Serikat.

Dalam penulisannya, NASA menuturkan, Cukier dibantu oleh ilmuwan lain yang lebih senior. Usai temuan ini, Cukier pun berharap dapat menjadi permulaan karirnya di dunia antariksa.

(*)