Perusahaan Raksasa Taiwan Pegatron Corporation Membeli Saham PT Sat Nusapersada Tbk

Perusahaan Raksasa Taiwan Pegatron Corporation Membeli Saham PT Sat Nusapersada Tbk

Kantor PT Sat Nusapersada di Pelita, Batam (Foto: Batamnews)

Batam - Di tengah lesunya perekonomian saat ini, terbetik kabar baik dari perusahaan manufaktur asal Batam, PT Sat Nusapersada Tbk. Sebanyak sepuluh persen saham treasury perusahaan yang berlokasi di Batam itu dibeli perusahaan raksasa Taiwan, Pegatron Corporation.

Presiden Direktur PT Sat Nusapersada Tbk, Abidin, mengatakan pembelian dilakukan melalui Asus Investment co.ltd yang merupakan anak perusahaan dari Pegatron Corporation. Pegatron Corporation yang bermarkas di Taiwan,  merupakan perusahaan manufaktur elektronik terbesar kedua di dunia setelah Foxconn.

Transaksi pembelian saham tersebut berlangsung pada Jumat (3/4) lalu. Sebanyak 531,43 juta lembar saham PT Sat Nusapersada dengan kode PTSN diborong Pegatron dengan harga Rp 236 per saham, jauh di atas harga saham PTSN di bursa pada hari itu, yaitu Rp 153 per saham. Total nilai transaksi mencapai Rp 125,4 miliar.

“Satnusa merupakan strategic partner Pegatron di Asia Pasifik. Itu artinya, kerja sama Pegatron dan Satnusa yang sudah berjalan selama ini akan semakin baik.”

Satnusa sendiri sudah menjalin kerja sama dengan Pegatron Corporation sejak Desember 2018 dalam merakit berbagai produk smart home seperti fast router dan high speed modem yang berteknologi tinggi.

Di tahun 2018, Satnusa juga menjual 10% saham hasil buyback kepada Inditeck Technology Hong Kong Ltd yang merupakan anak perusahaan dari Huaqin Telecom Technology Co. Ltd. Dimana Huaqin merupakan Original Design Manufacture (ODM) Smartphone dan Laptop terbesar di China.

Daftar Pemilik Saham PT Sat Nusapersada Tbk

 

PT Sat Nusapersada Tbk didirikan pada tahun 1990 yang kini telah menjelma menjadi perusahaan EMS (Electronic Manufacture Service) terbesar di Indonesia yang mempekerjakan lebih dari 7,000 karyawan dan memiliki 15 pabrik yang berlokasi di Batam.

Perseroan memiliki  basis pelanggan ternama didunia seperti Xiaomi, Huawei, Asus, Sony Murata, Pegatron, Huaqin, Imoo, ATI, Epson, dan berbagai pelanggan lainnya. Perseroan juga memproduksi berbagai produk unggulan seperti Smart home product, Smartphone, Battery Cell, Tablet, Smart watch dan berbagai produk lainnya.   

Berikut adalah sususan pemegang saham PT Sat Nusapersada Tbk, Abidin 66,47%, Inditeck Technology Hong Kong Limited 10%, Asus Investment co.ltd 10%, Bidin Yusuf 3,53% dan masyarakat 10%.

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews