Masjid An-Nur Natuna Tetap Gelar Salat Jumat

Masjid An-Nur Natuna Tetap Gelar Salat Jumat

Suasana Masjid An-Nur Natuna jelang salat Jumat hari ini. (Foto: Yanto/batamnews)

Natuna - Meski sudah ada edaran pemerintah untuk sementara meniadakan kegiatan keagamaan secara massal di selama pandemi Corona, namun Masjid An-Nur di Ranai, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau tetap menggelar salat Jumat, siang ini.

Imam Masjid An-Nur Ranai, Abdul Kadir beralasan salat Jumat tetap digelar di masjidnya karena beranggapan wilayah Natuna, khususnya kota Ranai masih belum terlalu berdampak dari penyebaran Covid-19. 

"Ini sesuai dengan hasil keputusan rapat pengurus masjid An-Nuryang digelar malam tadi," kata Abdul Kadir, Jumat (10/4/2020).

Dia mengakui pengurus masjid sudah menerima surat Edaran Bupati terkait peniadaan Ibadah berjamaah untuk saat ini. Namun rapat pengurus masjid kemarin bersepakat untuk mengikuti Fatwa MUI Pusat No 03. 

Dalam poin B fatwa tersebut disebutkan untuk daerah yang belum terpapar atau belum darurat penyebaran Covid-19, untuk ibadah salat berjamaah tetap dilaksanakan seperti biasa. 

"Bukan hanya untuk salat Jumat, namun untuk salat berjamaah lain ke depanya tetap kita laksanakan," kata dia.

"Kami malah mempertanyakan kebijakan yang diambil Pemda, kenapa bukan akses keluar masuk Natuna yang ditutup namun malah masjid yang dihimbau untuk tutup. Ini menurut kami malah salah, saya pribadi tidak setuju," imbuh Abdul Kadir. 

Sementara, Ferri salah seorang jamaah pun mengaku senang karena Masjid An-Nur masih menggelar salat Jumat berjamaah. 

"Saya awalnya mau Jumatan di Masjid Al Jami, ternyata tutup dan Alhamdulillah di Masjid An-Nur masih diadakan," kata dia.

Dari pantauan Batamnews di Ranai, sejumlah masjid memang meniadakan salat Jumat hari ini, seperti Masjid Agung Natuna, Masjid At Thariq Jemengan, Masjid Al Jami Ranai, Masjid Nurul Falah Ranai, dan Masjid Maulana Bandarsyah.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews