Cara Cuci Masker Kain yang Baik Agar Tak Terkontaminasi Corona

Cara Cuci Masker Kain yang Baik Agar Tak Terkontaminasi Corona

Masker kain

Jakarta - Pemerintah menganjurkan seluruh masyarakat Indonesia menggunakan masker, terutama yang berbahan dasar kain saat berada di tempat umum atau keramaian. Bukan seperti masker medis yang harus dibuang setelah dipakai satu kali, masker kain ini bisa digunakan berkali-kali.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS, (CDC), mereka merekomendasikan untuk mencucinya bisa sampai satu minggu sekali. Ini bisa dilakukan selama masker tersebut tidak kotor atau basah.

"Harus dicuci secara rutin, tergantung pada frekuensi penggunaan. Bisa juga mencucinya seminggu sekali, jika masker tidak basah ataupun kotor," kata Direktur Medis Yayasan Nasional untuk Penyakit Menular di Bethesda, William Schaffner.

Tapi, bagaimana sih cara mencuci masker yang baik? Schaffner menyarankan masker harus dicuci tergantung pemakaian dan keadaannya. Cara mencucinaya pun hampir sama seperti pakaian pada umumnya.

Mengutip dari Fox News, ada baiknya jika masker tersebut dicuci menggunakan deterjen dan air panas. Hal ini akan membuat virus dan bakteri yang mungkin menempel di masker bisa musnah.

Agar lebih efektif lagi, setelah dicuci bisa dijemur di bawah sinar matahari sampai benar-benar kering. Ini membantu agar masker kembali bisa aman dipakai lagi untuk berperang melawan COVID-19.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews