Riwayat Perjalanan Pasien Positif Corona di Batam

Riwayat Perjalanan Pasien Positif Corona di Batam

Petugas kesehatan mengevakuasi pasien suspect corona beberapa waktu lalu (Foto: Batamnews)

Batam - Wali Kota Batam, Muhammad Rudi mengumumkan satu orang warga Batam telah terkonfirmasi positif terinfeksi Covid-19. Hal ini menyusul dengan pernyataan Jubir Indonesia Covid-19, Ahmad Yurianto bahwa ada dua kasus baru di Kepulauan Riau. 

“Saat ini warga kota batam berjenis kelamin perempuan (51) sedang diisolasi di RSUD Embung Fatimah,” ujar Rudi di Kantor Wali Kota Batam, Kamis (19/3/2020). 

Pasien positif Covid-19 ini diketahui memiliki riwayat perjalanan ke luar Kota Batam, yaitu ke Jakarta, Bogor dan Yogyakarta. Pasien tersebut bertolak dari Batam pada tanggal 21 Februari 2020 dan kembali ke Batam pada tanggal 4 Maret.

“Lalu pada tanggal 5 maret, pasien mengeluhkan sakit demam, batuk berdahak,” kata Rudi. 

Setelah itu, pasien berobat ke Puskesmas di dekat rumahnya. Dan kemudian kondisinya membaik pada tanggal 7 Maret 2020. 

Selanjutnya pada tanggal 10 Maret 2020 kembali berobat ke Puskesmas dekat rumahnya, dan kemudian dirujuk ke RSUD Embung Fatimah. 

“Setelah dirawat, lalu tanggal 13 Maret diperbolehkan pulang ke rumah,” jelas Rudi. 

Namun esok harinya pada tanggal 14 Maret 2020 pasien tersebut datang kembali ke RSUD Embung Fatimah mengeluhkan demam, batuk berdahak dan sesak nafas. 

“Pasein segera dirawat di ruang UGD,” kata Rudi.

Pihak rumah sakit melalui dokter kemudian mendiagnosis dan mengatah ke pneumonia. Oleh dokter RSUD Embung Fatimah melakukan penanganan lebih lanjut.

“Sudah masuk kategori pasien dalam pengawasan, diambil sampel swabnya, dan hari ini hasilnya keluar, dan dinyatakan positif,” kata Rudi. 

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews