Awas! Pola Makan Buruk Berisiko Turunkan Jumlah Sperma

Awas! Pola Makan Buruk Berisiko Turunkan Jumlah Sperma

Ilustrasi

Jakarta - Para ahli sebut pola makan buruk bisa membuat jumlah sperma terus menurun. Studi ini dipublikasikan oleh jurnal JAMA Urology.

Dalam penelitian tersebut, para ahli meneliti pola makan dengan fungsi testis.

"Ini merupakan studi terbesar di dunia yang menguji diet dengan fungsi testis," kata peneliti dari Harvard TH Chan School of Public Health, Feiby Nassan, dikutip dari CNN pada Senin (16/3/2020).

Peneliti menganalisis 2.935 laki-laki, dengan usia rata-rata 19 tahun, dan berat badan normal. Peneliti mengambil sampel sperma dan dibandingkan dengan pola makan sehari-hari.

Hasil penelitian tersebut menunjukkan pria yang sering makan makanan tidak sehat seperti junkfood, atau pola makan tinggi garam, gula, minuman manis, dan makanan olahan jumlah spermanya menurun.

Sedangkan pria yang mengonsumsi ikan, ayam, buah, sayuran, dan air putih yang cukup memiliki jumlah sperma yang paling tinggi atau 68 juta lebih banyak dibandingkan pria dengan pola makan buruk.

"Kesuburan bukan hanya penting untuk menghamili pasangan, tapi juga terkait dengan kesehatan umum dan harapan hidup seorang pria," kata Nassan.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews