Corona Mengganas, Liga Italia Setop Bertanding Sebulan

Corona Mengganas, Liga Italia Setop Bertanding Sebulan

Italia - Liga Italia resmi disetop. Wabah virus Corona membuat Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte resmi mengumumkan penangguhan Liga Italia pada Senin (9/3/2020) malam waktu setempat atau Selasa dini hari.

Dipastikan hampir seluruh kompetisi olahraga, termasuk Liga Italia disetop hingga 3 April 2020.

Keputusan ini diambil setelah kasus virus Corona meningkat tajam dalam dua hari terakhir di Italia.

Saat ini, total 7.985 orang telah positif mengidap virus Corona, mengalami peningkatan sebanyak 1.598 sejak Minggu (8/3/2020).

Ada juga peningkatan korban meninggal dunia sebanyak 97 orang, sehingga total korban meninggal dunia akibat virus Corona di Italia mencapai 463 orang.

Angka ini menjadikan Italia negara Eropa terbanyak dengan kasus virus Corona.

Perdana Menteri Italia, Giuseppe Conte mengumumkan penundaan seluruh event olahraga, dalam sebuah konferensi pers darurat pada Senin (9/3/2020) malam waktu setempat.

 

"Tidak ada waktu lagi, angka-angka memberi tahu kami bahwa ada peningkatan yang signifikan dalam penularan, perawatan intensif serta kematian."

"Kita harus mengubah kebiasaan, kita harus mengorbankan satu hal untuk kebaikan seluruh Italia. Inilah sebabnya kami akan mengambil tindakan lebih tegas," kata Conte.

Sebelumnya, beberapa wilayah di Italia bagian utara seperti Lombardy dinyatakan sebagai zona merah sehingga seluiruh penduduk di sana tak boleh kemana-mana.

Namun saat ini tidak lagi berlaku zona merah pada wilayah tertentu karena seluruh wilayah Italia dianggap telah dalam status waspada virus Corona.

"Tidak ada lagi zona merah, hanya satu wilayah Italia yang terlindungi. Kita harus mencegah perjalanan (dari suatu tempat ke tempat lain) kecuali benar-benar terbukti karena pekerjaan, kesehatan dan kewajiban lain."

"Kita tak memperbolehkan orang-orang berkumpul di tempat umum. Kita juga punya aturan yang lebih ketat saat menggelar acara olahraga. Serie A dan semua kompetisi dan turnamen lain ditangguhkan. Penggemar harus menerima hal itu," ujar Giuseppe Conte.

Keputusan ini masih akan ditinjau lebih lanjut bagaimana efeknya untuk tim-tim Italia yang berlaga di kompetisi Eropa.

Napoli dan Atalanta masih berlaga di babak 16 besar Liga Champions.

Bahkan Atalanta sudah menuju ke Valencia, Spanyol untuk pertandingan leg kedua babak 16 besar, Selasa (10/3/2020).

Adapun perwakilan Italia di Liga Europa ada AS Roma dan Inter Milan.

Keduanya sama-sama akan menghadapi wakil Spanyol, Sevilla dan Getafe. 

Sebelumnya, AIC (Asosiasi Pemain Italia) mendesak FIGC (Federasi Sepak Bola Italia) agar menghentikan Liga Italia karena penyeraban virus Corona di Italia sudah sangat mengkhawatirkan.

"Liga harus dihentikan," demikian isi pernyataan dari AIC.

"Sinyal yang dikeluarkan institusi olahraga sangat buruk. Berbahaya untuk bepergian masuk dan keluar dari zona merah, berbahaya untuk bermain sepak bola, berbahaya untuk berjabat tangan."

"Tim-tim bermain hari ini karena tidak kompetennya pihak yang tak punya keberanian untuk menentukan sepak bola tidak bisa lagi bersikap seolah-olah situasi darurat virus corona tidak terjadi."


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews