Facebook dan Google Bagi-bagi Duit Miliaran ke Warga

Facebook dan Google Bagi-bagi Duit Miliaran ke Warga

Ilustrasi

Jakarta - Seiring ancaman virus corona yang makin meningkat di Amerika Serikat, beberapa raksasa teknologi setempat membatalkan acara penting mereka. Dampaknya bukan hanya ke perusahaan tersebut melainkan ke warga yang mengalami kerugian.

Membatalkan event dan meminta karyawan bekerja di rumah membuat kepadatan lalu lintas maupun keramaian menurun di area sekitar Silicon Valley. Maka bisnis warga sekitar pun terimbas lantaran mengalami penurunan transaksi.

Google telah membatalkan gelaran fisik Google Cloud Next 2020 serta Google I/O yang jadi event tahunan terbesarnya. Google I/O menarik sekitar 7.000 pengunjung sehingga berpengaruh positif bagi bisnis lokal.

Sebagai kompensasi dibatalkannya acara itu, Google membagikan uang sebesar USD 1 juta atau di kisaran Rp 14 miliar ke komunitas lokal. Selain untuk membantu UKM, juga mendanai edukasi ke warga soal virus corona.

Di pihak lain, Facebook telah membatalkan dua event penting, termasuk ajang developer F8 yang biasanya menarik 5.000 hadirin. Mereka pun menambah sumbangan ke warga sekitar menjadi USD 500 ribu.

"Kami tetap berkomitmen pada kota San Jose di mana kami menyelenggarakan F8 dan juga pada masyarakat di sekitar," sebut Vice President Facebook, Konstatinos Papamiltiadis.

Di sisi lain, Facebook menggratiskan iklan di media sosialnya untuk World Health Organization (WHO) untuk menjelaskan soal corona. Google sendiri telah menyumbang WHO senilai USD 25 juta.

(ruz)
Komentar Via Facebook :