Demokrat: 2024 Masih Lama, PDIP dan Gerindra Sudah Mulai Genderang Bersatu

Demokrat: 2024 Masih Lama, PDIP dan Gerindra Sudah Mulai Genderang Bersatu

Prabowo Bertemu Megawati.

Jakarta - Partai Demokrat mengendus rencana membangun kekuatan politik besar antara PDIP dan Partai Gerindra. Hal itu tampak dari pertarungan politik pemilihan Wagub DKI di DPRD Jakarta.

Politikus Demokrat Andi Arief menyayangkan hal itu. Apalagi, membangun kekuatan itu di tengah Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang juga kader PDIP masih berkuasa. Hal tersebut dinilai tidak etis.

"Tahun 2024 masih lama. Tapi PDIP dan Gerindra memulai genderang bersatu dari sekarang. Itu hal biasa, meski tak elok Pak Jokowi kekuasaannya berusia muda di jabatan ke dua. Perang pertama dimulai pemilihan cawagub DKI. Tidak mungkin Demokrat mendukung koalisi Gerindra dan PDIP," kata Andi kepada wartawan, Jumat (28/2/2020).

Sekali lagi, Andi menegaskan, Demokrat tidak ada mau bergabung dengan koalisi Gerindra dan PDIP yang telah memulai membangun kekuatan dari sekarang. Alasannya, Hal itu menutup peluang Demokrat.

"Koalisi itu akan menutup peluang Demokrat enggak mungkin kita dukung. Koalisi itu akan menjadi lawan permanen Demokrat sampai 2024," tegas Andi.

Menurut Andi, Demokrat akan menjegal jalan koalisi PDIP dan Gerindra. Salah satunya dengan membangun kekuatan politik dengan parpol lain juga.

"Akan bekerjasama dengan partai-partai lain di luar dua partai itu," tambah dia.

Diketahui, PDIP dan Gerindra memang terlihat makin mesra. Hal ini dimulai sejak Prabowo Subianto memutuskan bergabung dengan koalisi Jokowi-Ma'ruf.

Kemesraan keduanya ditambah dengan persiapan Pilkada 2020. Di Depok misalnya, Gerindra dan PDIP putuskan berkoalisi, meninggalkan PKS yang incumbent. Pilkada Solo dan Medan, juga menunjukan gelagat Gerindra dan PDIP bakal bersatu. Kedua putra Jokowi, Gibran Rakabuming dan Bobby Nasution yang hendak maju telah didukung informal oleh Gerindra.

Ditambah lagi, Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri yang kerap kali menyapa dan meledek Ketum Gerindra Prabowo Subianto dalam setiap pidato yang dihadiri para ketum parpol atau menteri. Hal ini menambah kedekatan PDIP dan Gerindra.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews