Rasa Tak Puas pada Ukuran Payudara Bisa Picu Masalah Kesehatan Wanita

Rasa Tak Puas pada Ukuran Payudara Bisa Picu Masalah Kesehatan Wanita

Ilustrasi.

Ukuran payudara merupakan salah satu perbincangan yang cukup sensitif bagi wanita. Sebuah penelitian menemukan bahwa hanya kurang dari sepertiga wanita di seluruh dunia yang mengaku puas terhadap ukuran payudara mereka.

Sebuah penelitian terbaur mengungkap bahwa hal ketidakpuasan ini ternyata dapat menimbulkan dampak bagi kesehatan wanita. Tak main-main, masalah kesehatan yang mengancam ini tergolong cukup serius.

Dilansir dari Health24, temuan ini diperoleh melalui sebuah survei yang dilakukan terhadap lebih dari 18.500 wanita di 40 negara. Usia rata-rata partisipan adalah 34 tahun.

Berdasarkan penelitian tersebut diketahui bahwa banyak wanita tidak puas dnegan ukuran payudara mereka. 48 persen partisipan mengaku meninginkan payudara yang lebih besar, 23 persen menginginkan payudara yang lebih kecil, dan hanya 29 persen yang mengaku puas dengan ukuran payudara mereka.

"Temuan kami cukup penting karena mengindikasikan bahwa sebagian wanita di seluruh dunia mungkin tidak puas dengan ukuran payudara mereka. Hal ini merupakan masalah kesehatan masyarakat yang serius karena memiliki implikasi signifikan pada kesehatan fisik dan psikologis," terang peneliti Viren Swami dari Anglia Ruskin University, Cambridge, Inggris.

 

Risiko Kanker Payudara

Salah satu masalah kesehatan yang rentan terjadi pada para wanita ini adalah kanker payudara. Hal ini pasalnya wanita yang tidak suka ukuran payudara mereka kerap mengesampingkan pengecekannya secara lebih lanjut.

"Kanker payudara merupakan penyebab utama kematian wanita yang disebabkan kanker di seluruh dunia dan rendahnya tingkat keselamatan berhubungan dengan rendahnya kesadaran terhadap payudara," terang Swami.

"Ketidakpuasan ukuran payudara mungkin menghasilkan perilaku menghindar yang menurunkan kesadaran payudara terutama ketika payudara wanita memicu rasa cemas atau malu," sambungnya.

 

Berhubungan dengan Kesehatan Mental yang Buruk

Penelitian ini juga menjalaskan bahwa ketidakpuasan terhadap ukuran payudara berhubungan menurunnya kesehatan mental. Hal ini berhubungan dengan menurunnya kebahagiaan serta percaya diri. Wanita yang tak puas dengan ukuran payudara mereka juga cenderung tak puas dengan berat badan dan penampilan secara keseluruhan.

"Temuan lain adalah ketidakpuasan ukuran payudara menurun seiring usia. Hal ini mungkin terjadi karena wanita yang lebih tua memiliki tekanan lebih rendah untuk mempertahankan payudara ideal atau rasa keibuan dan keinginan menyusui yang berfokus pada fungsi payudara dibanding memandangnya hanya dari segi estetis," jelas Swami.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews