Menparekraf Wishnutama Cari Solusi Penurunan Wisman di Batam dan Bintan

Menparekraf Wishnutama Cari Solusi Penurunan Wisman di Batam dan Bintan

Menparekraf, Wishnutama. (Foto: Kemenparekraf)

Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio mengatakan, wilayah Bali, Batam, dan Bintan menjadi daerah yang paling banyak terdampak penurunan wisatawan akibat munculnya wabah virus corona di dunia.

Menurut dia, penurunan jumlah wisatawan cukup signifikan. "Pasti Bali, Sulawesi Utara, Batam, Bintan," kata Wishnutama di Ciputra Artpreneur, Jakarta Selatan, Rabu (19/2/2020) malam.

Ia menuturkan, penurunannya sangat signifikan mengingat banyak wisatawan China sebelumnya juga cukup banyak di daerah itu.

"Belum lagi tren secara umum secara psikologis menurun gitu ya. Jadi kita berusaha meningkatkan," ujarnya.

Sekarang ini, lanjut Wishnutama, pihaknya tengah berusaha menaikan wisawatan lokal.

Caranya dengan memberikan diskon tiket pesawat dan hotel. "Kita akan buatkan insentif dan lain-lain dan sebagainya. Tapi itu masih dalam pembahasan lebih detailnya bagaimana," ucap Wishnutama.

Sebelumnya, Wishnutama mengatakan, pemerintah bakal memberikan diskon tiket pesawat dan tarif hotel untuk meningkatkan kembali pariwisata Indonesia yang lesu akibat virus corona.

"Yang terkait industri pariwisata. Pesawat, hotel. Antara 25 sampai 30 persen. Syukur-syukur bisa lebih. Kita lagi perhitungkan," kata Wishnutama di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (17/2/2020) lalu.

Ia mengatakan, saat ini pemerintah tengah menyiapkan skema pemberlakuan diskon tiket pesawat dan tarif hotel.


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews