Macam-macam Salat Sunah Serta Keutamaannya yang Luar Biasa

Macam-macam Salat Sunah Serta Keutamaannya yang Luar Biasa

Ilustrasi.

Batam - Salat merupakan ibadah yang wajib dikerjakan oleh seluruh umat muslim di dunia. Selain itu, salat adalah tiang agama. Amalan yang pertama di hisab di hari kiamat ialah salat.

Selain salat lima waktu, terdapat macam-macam salat sunah yang apabila dikerjakan akan mendapatkan pahala. Salat sunah boleh dikerjakan atau tidak.

Macam-macam salat sunah yang dapat Anda kerjakan, di antaranya sebagai berikut.

 

Salat Tahajud


Salah satu salat sunah yang dikenal memiliki manfaat yang luar biasa yaitu sholat tahajud. Salat sunah ini dilaksanakan pada malam hari dengan didahului tidur terlebih dulu.

Waktu terbaik untuk mengerjakan salat tahajud yaitu pada sepertiga malam terakhir. Anda dapat mengerjakan salat tahajud dengan paling sedikit 2 rakaat.

Allah subhanahu wa ta'ala telah berfirman dalam (QS.Al Israa':79)

"Dan pada sebagian malam hari bertahajud lah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji." (QS.Al Israa':79)

Salat tahajud memiliki banyak keutamaan, seperti akan mendapat kemuliaan dan kewibawaan, menenangkan hati, menolak penyakit hingga mendapat kebaikan dunia akhirat.


Salat Dhuha

Salat dhuha merupakan sholat sunnah yang dikerjakan di pagi hari. Salat sunah ini dapat dilakukan sejak matahari mulai naik hingga mendekati pukul 12.00.

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda tentang keutamaan shalat dhuha yang luar biasa.

"Barang siapa yang melakukan salat Dhuha dua belas rakaat, Allah akan membuatkan baginya istana di surga. (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah).

 

Salat Rawatib

Salat Rawatib merupakan salah satu sholat yang dicontohkan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam. Salat rawatib dilakukan sebelum atau sesudah melakukan salat fardhu.

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

"Barangsiapa melakukan salat dua belas rakaat dalam sehari semalam niscaya dibangunkan sebuah rumah baginya di surga." (HR. Muslim).

 

Salat Istiqoroh

Bimbang dan galau kerap menghampiri banyak orang. Sebagai seorang muslim atau muslimah, tentu saja jalan yang dapat ditempuh untuk mendapatkan petunjuk yaitu dengan beribadah kepada Allah subhanahu wa ta'ala.

Anda dapat melakukan salat istiqoroh untuk meminta petunjuk dan jalan keluar pada Allah subhanahu wa ta'ala.

Allah subhanahu wa ta'ala berfirman dalam (QS. Al Baqarah:216).

"Boleh jadi, kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu dan boleh jadi (pula) kamu menyukai semua, padahal ia amat buruk bagimu, Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui." (QS. Al Baqarah:216).

 

Salat Witir

Macam-macam salat sunah selanjutnya yaitu salat witir. Salat Witir merupakan salat sunah yang dapat dilakukan setelah isya' hingga sebelum subuh. Salat witir dikerjakan dengan jumlah yang ganjil (witir), dengan pengerjaan minimal 1 rakaat.

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

"Sesungguhnya Allah itu ganjil dan menyukai yang ganjil. Maka kerjakanlah shalat witir wahai ahli Al-Quran. (HR. Bukhari Muslim).

 

Salat Hajat

Setiap manusia pasti memiliki suatu keinginan. Sebagai seorang muslim/muslimah, tentu hanya pada Allah subhanahu wa ta'ala kita meminta.

Apabila memiliki suatu keinginan, Anda dapat melakukan sholat hajat.

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

"Barangsiapa berwudhu dan menyempurnakannya, kemudian mengerjakan salat dua rakaat (salat hajat) dengan sempurna maka Allah memberi apa saja yang ia minta, baik segera maupun lambat." (HR. Ahmad)

 

Salat Taubat

Setiap manusia pasti tak luput dari dosa. Salah satu cara memohon ampunan pada Allah subhanahu wa ta'ala yaitu dengan salat taubat.

Di riwayat kan oleh Abu Dawud, Ahmad dan Tirmidzi, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

"Apabila ada orang yang melakukan suatu perbuatan dosa, kemudian dia berwudhu dengan sempurna, lalu dia mendirikan salat dua rakaat, dan selanjutnya dia beristighfar memohon ampun kepada Allah, maka Allah pasti mengampuninya."

 

Salat Tahiyatul Masjid

Salat tahiyatul masjid merupakan salat sunah yang dilaksanakan saat seseorang masuk ke dalam masjid. Salat tahiyatul masjid dilaksanakan 2 rakaat.

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

"Jika salah seorang dari kalian masuk masjid, maka hendaklah dia salat dua rakaat sebelum dia duduk." (HR. Al Bukhari no. 537 & Muslim no. 174).

Keutamaan dari salat tahiyatul masjid di antaranya, sebagai bentuk pemuliaan pada masjid, hingga dapat menutupi kekurangan salat wajib.

 

Salat Wudhu

Salat sunnah wudhu merupakan salat sunah yang dilaksanakan sesudah melaksanakan wudhu. Salat sunah ini bisa dilakukan oleh Bilal Bin Rabah.

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam berkata kepada Bilal

Wahai Bilal, ceritakan lah kepadaku tentang satu amalan yang engkau lakukan di dalam Islam yang paling engkau harapkan pahalanya, karena aku mendengar suara kedua sandal mu di surga. Bilal menjawab, Tidak ada amal yang aku lakukan yang paling aku harapkan pahalanya daripada aku bersuci pada waktu malam atau siang pasti aku melakukan salat dengan wudhu tersebut sebagaimana yang telah ditetapkan untukku. (HR. Bukhari, no. 443 dan Muslim no. 175).

Keutamaan dari salat sunah wudhu yaitu dijanjikan tempat yang terindah oleh Allah subhanahu wa ta'ala, menetapkan surga untuk orang yang ikhlas salat wudhu serta memberikan ampunan pada orang yang melaksanakan salat sunah wudhu.

(*)

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews