5 Tips Makan di Pesawat yang Perlu Kamu Ketahui

Ilustrasi

Jakarta - Sebelum melakukan penerbangan di sebuah maskapai, ada baiknya untuk mengetahui tips makan di pesawat. Tips itu sangat berguna untuk diri sendiri dan semua orang di dalamnya.

Berada di atas ketinggian tentu kita menginginkan pengalaman yang menyenangkan, mulai dari kebersihan hingga keamanan di dalam pesawat. Ada banyak hal penting yang perlu diperhatikan, salah satunya tips makan di pesawat.

Dengan memperhatikan tips makan di pesawat akan memberikan kenyamanan untuk diri sendiri dan juga penumpang pesawat lainnya. Selain itu juga dapat memudahkan kerja dari petugas-petugas yang ada di dalam pesawat.

Jika tips tersebut diacuhkan, akan membuat kerugian besar. Berikut ini 5 tips makan di pesawat yang harus diperhatikan.

1. Bersihkan Tatakan Meja Makan

Tips makan di pesawat yang utama adalah dengan memastikan tatakan yang biasa digunakan sebagai meja makan di pesawat agar bersih dari bakteri. Untuk itu kuncinya adalah selalu menyediakan tisu desinfektan.

Bersihkan tatakan tersebut secara menyeluruh dengan menggunakan tisu tersebut. Sering digunakan oleh banyak penumpang yang berbeda-beda bukan tidak mungkin tempat tersebut tempat bersarang bakteri.

"Ada banyak hal yang terjadi pada tatakan nampan ini," ujar Shanie Peralta, seorang dari Asosiasi Penumpang Penerbangan.

Lebih lanjut, ia juga menjelaskan bahwa banyak orang yang mengganti popok di meja nampan, dan itu sering kali terjadi bahkan ada yang lebih jorok lagi. Seperti sisa makanan penumpang sebelumnya, bersih, dan lainnya. Karenanya pastikan untuk mengelap meja tersebut dengan tisu.

2. Jangan Membawa Makanan Berbau Tajam

Membawa makanan berbau tajam juga menjadi salah satu syarat tertulis yang dikeluarkan maskapai penerbangan. Kamu boleh saja membawa makanan ringan apapun yang diinginkan, tetapi perhatikan bahwa orang lain tidak ingin mencium apa yang kamu makan.

Membawa makanan yang berbau tajam ke dalam pesawat hanya akan membuat permasalahan. Sebab, aroma tersebut akan mengganggu seluruh penumpang yang ada di dalam pesawat.

Misalnya seperti durian, aroma durian yang begitu tajam akan mudah menyebar. Mengerikannya lagi aroma tersebut juga sukar untuk hilang. Hal ini sangat mengganggu apalagi bagi mereka yang tidak menyukai aroma durian.

Selain durian juga masih banyak makanan atau bahkan minuman yang mempunyai aroma menyengat lainnya. Tidak membawa makanan dan minuman tersebut masuk ke dalam tips makan di pesawat yang harus dilakukan.

3. Hindari Makanan Renyah

Selain aroma makanan yang menyengat, makanan renyah juga dapat mengganggu penumpang di dalam pesawat. Oleh karena itu tips makan di pesawat adalah dengan tidak memakan makanan yang renyah.

Memakan makanan renyah dapat menimbulkan suara bising yang dikeluarkan ketika mengunggah makanan tersebut. Suara itulah yang dapat mengganggu penumpang lain yang berada di dalam pesawat.

Misalnya seperti memakan apel, kacang, jagung hingga wortel yang bisa mengeluarkan suara yang menjengkelkan bagi semua orang. Mungkin hanya membawa makanannya saja tidak akan menjadi masalah.

Namun, berbeda ketika kamu memilih untuk mengunyah makanan tersebut hingga suara mengganggu itu keluar. Oleh karena itu disarankan untuk mempertimbangkan lagi agar tidak makan makanan sembarang ketika berada di dalam pesawat.

4. Jangan Makan dan Minum Berantakan

Dimana pun kamu berada makan dan minum berantakan memang hal yang harus diminimalisir. Terutama ketika kamu berada di dalam pesawat. Agar tidak mengganggu penumpang di dalam pesawat lainnya untuk itu harus melakukan tips yang satu ini.

Ketika berada di dalam pesawat jangan memilih untuk makan dan minum yang berisiko akan tumpah, misalnya seperti minuman bersoda dalam kemasan. Ketika membuka minuman tersebut bisa membuat soda tersebut menguap dan tumpah.

Selain itu, minuman berkarbonasi seperti soda berkemungkinan dapat meledak. Selain itu pada makanan hindari untuk menyantap sup, keripik, saus dan lainnya.

Remah-remah yang dihasilkan dari mengonsumsi makanan juga sangat mengganggu. Khususnya bagi para petugas kebersihan yang membersihkan kursi-kursi pesawat.

5. Jangan Biarkan Sampah di Saku Kursi

Tips makan di pesawat yang satu ini juga tak kalah penting demi kebersihan di dalam pesawat. Yaitu untuk tidak membiarkan sampah di saku kursi pesawat atau di lantai.

Banyak sekali orang-orang yang menyelipkan sampah mereka di bawah kursi pesawat ketika turun. Cara baiknya adalah dengan menampung sampah tersebut di satu wadah kemudian simpan dengan rapih dan menitip ke pramugari untuk dibuangkan.

"Kami lebih suka penumpang memberikan sampah kepada kami daripada meletakkannya di lantai. Kita selalu melewati kabin berkali-kali untuk mengumpulkan sampah," ujar Peralta.

Dengan meninggalkan sampah di belakang dapat memperlambat proses pembersihan dan dapat menunda penerbangan berikutnya. Kejadian itu akan merugikan banyak pihak, termasuk para penumpang selanjutnya.

(*)


Berita Terkait