Pusat Perbelanjaan Batam Lengang Terimbas Isu Virus Corona

Pusat Perbelanjaan Batam Lengang Terimbas Isu Virus Corona

Salah satu pusat perbelanjaan di Batam yang terlihat lengang saat akhir pekan. (Foto: Dyah/batamnews)

Batam - Kota Batam menjadi kota transit pemulangan ratusan WNI dari Kota Wuhan, China pada akhir pekan ini. Informasi ini beredar luas di kalangan warga.

Sejumlah pusat perbelanjaan di Batam yang biasanya ramai di pengujung minggu, terlihat lebih lengang pada Sabtu (1/2/2020).

Dari pantauan Batamnews, empat mall yang biasanya ramai saat weekend terlihat mengalami penurunan kunjungan. Diantaranya Panbil Mall, Kepri Mall, BCS Mall, dan Grand Mall. 

Wisatawan asing dari Singapura yang biasanya ramai, hampir tidak terlihat di pusat perbelanjaan. Hanya warga lokal saja yang meramaikan tempat tersebut. 

Rifky, pedagang di Grand Batam Mall juga mengeluh. Dia yang sehari hari berjualan batik ini selama ini mempunyai harapan besar dan mengandalkan kunjungan turis 

"Saya setiap weekend hanya mengandalkan kunjungan turis serta grup-grup travel untuk membeli dagangan saya, tapi dengan adanya wabah virus Corona ini, penjualan turun drastis," katanya. 

Bahkan diskon yang ditawarkan beberapa toko juga terlihat tidak mempengaruhi kunjungan seperti akhir pekan biasanya

Namun warga lokal yang mengunjungi pusat perbelanjaan pun tampak tetap waspada terhadap kesehatan diri mereka. 

Sekitar 30 persen masyarakat Batam yang berada di pusat perbelanjaan nampak menggunakan masker. Beberapa diantaranya ada yang menggunakan masker kain maupun masker bedah. 

"Ini untuk perlindungan saja sih, karena isu (virus Corona) ini kan cukup mengkhawatirkan, jadi tetep harus jaga-jaga," kata Leni. salah satu pengunjung mall. 

Namun beredarnya isu tersebut tak mengurungkan nuatnya untuk tetap bepergian ke luar rumah saat akhir pekan. 

"Memang sih serem, belum lagi kita dekat dengan Singapura yang udah ditemukan pasien Corona, sekarang dengar kabar soal WNI dari Wuhan pulang lewat Batam, tapi tak perlu sampai paranoid lah," ucapnya. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews