TNI AU Siapkan 3 Pesawat Evakuasi WNI Wuhan dari Batam ke Natuna

TNI AU Siapkan 3 Pesawat Evakuasi WNI Wuhan dari Batam ke Natuna

Pesawat Hercules C130 milik TNI AU. (Foto: Twitter @_TNIAU)

Batam - TNI Angkatan Udara menyiapkan tiga pesawat, untuk mengevakuasi WNI yang datang dari Wuhan ke Indonesia di Bandara Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau. 

Tiga pesawat yang disiapkan yaitu dua unit pesawat Boeing dan satu pesawat angkut Hercules.

Kepala Dinas Operasi (Kadisops) Lanud Hang Nadim Batam, Mayor Wardoyo usai rapat persiapan proses pemulangan WNI di ruang VIP Bandara Hang Nadim Batam mengatakan, disiapkannya tiga pesawat itu sesuai perintah dari Presiden dan Panglima TNI.

“Semua disiapkan di Hang Nadim, untuk waktunya kami masih menunggu perintah dari komando atas jam berapa disiapkannya,” ujarnya, Sabtu (1/2/2020) siang.

Lanjut Wardoyo, saat ini ketiga pesawat tersebut masih berada di Jakarta dan Makassar, masih menunggu arahan untuk terbang ke Batam.

“Teknisnya nanti langsung transfer antar pesawat. Tidak ada turun ke dulu ke ruang tunggu bandara, dari pesawat ke pesawat langsung berangkat,” ucapnya.

Sedangkan untuk persiapan di dalam maupun di luar pesawat, Wardoyo menyebutkan sudah disiapkan dari sekarang.

“Penjagaan khusus sesuai dengan SOP yang disesuaikan dengan keadaan sekarang. Kami juga mendapat info dari Jakarta bahwa setiap pesawat ada tenaga medisnya yang stanby, tapi jumlahnya belum tahu,” katanya.

Untuk kapasitas penumpang, Wardoyo menjelaskan pesawat Hercules ini bisa dimaksimalkan. “Semuanya bisa 100 sampai 130 orang, Boeing juga 100 orang,” ujarnya.

“Penerbangan bisa berbarengan, atau jeda beberapa menit juga bisa. Skenarionya kalau yang sudah siap, kami berangkatkan langsung,” ujarnya lagi.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews