India Pepet Tiongkok Sebagai Pangsa Pasar Smartphone Terbesar

India Pepet Tiongkok Sebagai Pangsa Pasar Smartphone Terbesar

Ilustrasi.

Batam - Tiongkok beberapa tahun lalu merebut tahta sebagai pasar smartphone terbesar di Bumi dari Amerika Serikat. Saat ini pun, negeri Paman Sam tak lagi bisa mempertahankan peringkatnya.

Pasalnya berdasarkan data dari Counterpoint Research yang dikutip Engadget, India kini telah melampaui AS sebagai pangsa pasar smartphone terbesar kedua di dunia.

Hal ini berdasar angka pengkapalan yang mencapai 158 juta unit smartphone yang dikirim ke negeri Hindustan tersebut.

Counterpoint menyebut naiknya pangsa pasar di India ini karena deretan vendor smartphone di Tiongkok menaikkan produksinya, lalu menawarkan produk dengan harga kompetitif.

Nah, India adalah target dari vendor-vendor ini.

Menurut data, sebanyak 72 persen dari semua smartphone yang dikapalkan ke India adalah merek Tiongkok, seperti Xiaomi, Vivo, Realme, dan Oppo.

Tak cuma itu, Apple juga tumbuh pesat di 2019. India jadi salah satu pasar yang membuat iPhone XR jadi salah satu smartphone terpopuler di dunia. Hal ini makin nyata pasca iPhone XR harganya dipangkas setelah iPhone 11 Series muncul.

Hanya Samsung yang sedikit kurang beruntung, dengan angka tahunan penjualannya yang turun sebanyak 5 persen di India.

Salah satu faktor lain adalah naiknya jumlah pengguna smartphone di India, yang didominasi oleh adaptasi pemakaian smartphone oleh pengguna pertama.

Hal ini berbeda dengan di AS, yang dari awal sudah maju sehingga jumlah pengguna smartphone mereka sudah rata sejak awal.

Faktor terakhir yang disebut oleh peneliti, adalah vendor smartphone memang memfokuskan pembuatan smartphone yang ditujukan ke pasar negara berkembang seperti India.

(*)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews