Kadinkes Tjetjep: 18 Rumah Sakit di Kepri Siap Tangani Kasus Corona

Kadinkes Tjetjep: 18 Rumah Sakit di Kepri Siap Tangani Kasus Corona

Kadinkes Kepri, Tjetjep Yudiana. (Foto: Afriadi/Batamnews)

Tanjungpinang - Kementerian Kesehatan telah menetapkan empat rumah sakit di Provinsi Kepulauan sebagai tempat rujukan penanganan penderita virus Corona.

Isu wabah penyakit mematikan ini menjadi atensi nasional. Bahkan setiap pintu masuk Pelabuhan Internasional dan bandara dipasang thermal scanner.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau, Tjetjep Yudiana mengatakan empat rumah sakit itu adalah RSUD Raja Ahmad Tabib Tanjungpinang, RSUD Embung Fatimah Batam, RS BP Batam dan RSUD Muhammad Sani Karimun.

"Empat rumah sakit ini sudah siap, mulai dari Sumber Daya Manusia, Peralatan medis dan pola perlindungan diri juga sudah disiapkan," terang Tjetjep saat ditemui di RSUD Raja Ahmad Tabib, Tanjungpinang, Senin (27/1/2020).

Secara keseluruhan dikatakannya, sebanyak 18 rumah sakit di Kepri telah siap menangani pasien yang terpapar virus Corona.

"Dari 32 rumah sakit di Provinsi Kepulauan Riau ada 18 rumah sakit yang menyatakan siap untuk penanganan Corona. Tidak usah khawatir, rumah sakit ini sudah siap melakukan isolasi, sebagaimana tindakan pencegahan," sebutnya.

Namun Tjetjep memastikan, hingga saat ini belum ada masyarakat yang terpapar virus Corona di Kepri. Ia juga mengimbau masyarakat menjaga kebersihan lingkungan dan kesehatan pribadi.

"Apabila ke pasar ikan misalnya, gunakan perlindungan seperti masker. Jika di tengah masyarakat ditemukan gejala demam, batuk dan sesak nafas segera melaporkan ke rumah sakit," sebutnya.

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews