Termasuk UMRAH, 18 PTN Buka Seleksi Masuk Mandiri

Termasuk UMRAH, 18 PTN Buka Seleksi Masuk Mandiri

Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Tanjungpinang. (Foto: dok Batamnews)

Jakarta - Seleksi Masuk Mandiri Perguruan Tinggi Negeri (SMM PTN) akan kembali diselenggarakan tahun ini. Akan ada 18 universitas yang menyelenggarakan seleksi SMM PTN di wilayah Barat dengan sistem ujian tulis dalam bentuk cetak (UTBC).

Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) di Tanjungpinang masuk dalam 18 PTN yang akan menggelar seleksi masuk mandiri ini.

"Hampir nggak ada beda (dengan tahun lalu). Hanya ada penambahan tiga universitas tahun ini. Selain itu, sama aja semuanya. Kita kualitas sama seperti UTBK, kan kalau UTBK itu pakai komputer, kita masih pakai kertas," kata Ketua Panitia SMM PTN-Barat 2020 Samsul Rizal dilansir detikcom, Jumat (24/1/2020).

Samsul mengatakan penggunaan ujian tulis berbasis cetak itu untuk mengakomodasi siswa-siswa yang mengikuti ujian dari daerah. Selain itu, nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) akan menjadi bahan pertimbangan.

"Iya, bahan pertimbangan, bahan pertimbangan. Nanti akan kita bandingkan, kita masukkan kan nilai UTBK-nya," jelas Samsul.

Menurut Samsul, ada 30 persen kuota maksimal untuk SMM PTN di universitas. Sedangkan kuota 20 persen dan 40 persen masing-masing untuk SNMPTN dan SBMPTN.

Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Kemendikbud, Mizan, mengatakan SMM PTN akan dilaksanakan setelah SNMPTN dan SBMPTN berjalan. Ia pun berharap para siswa mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian dengan baik.

"Yang ini (SMM PTN) setelah secara nasional berjalan, dengan memperhatikan juga nilai UTBK. Jadi diperhatikan juga biar tidak sia-sia anak-anak yang sudah tes, bisa dimanfaatkan dengan baik," ujar Mizan.

Berikut ini daftar PTN yang akan menyelenggarakan SMM PTN di wilayah Barat:
1. Universitas Syiah Kuala
2. Universitas Andalas
3. Universitas Jambi
4. Universitas Lampung
5. Universitas Bengkulu
6. Institut Seni Indonesia (ISI) Padangpanjang
7. Universitas Palangka Raya
8. Universitas Malikussaleh
9. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
10. Universitas Maritim Raja Ali Haji
11. Universitas Bangka Belitung
12. Universitas Teuku Umar
13. Institut Teknologi Sumatera
14. Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI) Aceh
15. Universitas Samudera
16. Universitas Riau
17. Universitas Siliwangi
18. Universitas Singaperbangsa Karawang

(*)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews