Pemprov Kepri Beri Garansi Anggaran Pilkada 2020 Aman

Pemprov Kepri Beri Garansi Anggaran Pilkada 2020 Aman

Audiensi komisioner KPU Kepri dengan Plt Gubernur membahas kesiapan Pilkada 2020. (Foto: istimewa)

Tanjungpinang - Pemerintah Provinsi Kepri menjamin tahapan pelaksanaan Pilkada untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri bisa berjalan sesuai dengan agenda yang telah direncanakan.

Plt Gubernur Isdianto mengatakan bentuk jaminan tersebut berupa percepatan pencairan anggaran yang telah diajukan oleh KPU agar tahapan pilkada tidak terganggu. 

"Yang penting pesan saya, laksanakan Pilkada ini dengan sebaik-baiknya," kata Isdianto saat beraudensi dengan komisioner KPU Provinsi Kepri di Gedung Daerah, Kamis (23/01/2020).

Dia meminta KPU mengomunikasikan masalah yang dihadapi, terutama soal kebutuhan anggaran dalam pelaksanaan tahapan dalam pilkada.

Namun jika ada keterlambatan pencairan di awal bulan ini, Isdianto minta dimaklumi karena pencairan anggaran butuh waktu dalam proses administrasi.

Ketua KPU  Provinsi Kepri Sriwati dalam laporannya menyebutkan bahwa pada bulan Januari ini telah melakukan beberapa tahapan untuk pelaksaaan Pilkada pada 2020.

Diantaranya telah dibentuknya beberapa tim adhoc penyelenggara pemilu serta sedang berlangsung tahapan perekrutan PPK dan KPPS.

"Semua tahapan ini tentunya membutuhkan dana. Jadi kami sangat berterimakasih karena Plt. Gubernur telah menjamin itu sehingga apa yang direncanakan bisa berjalan sebagaimana mestinya," katanya.

Dalam pelaksanaan Pemilihan Gubernur 2020 nanti, untuk penghitungan hasil pemilu, KPU merencanakan menggunakan sistem IT, sehingga hasil yang didapatkan bisa lebih cepat serta transparan. 

Namun yang menjadi kendala adalah beberapa daerah di Kepri masih terdapat blackspot sehingga menyulitkan dalam aplikasi sistem IT tersebut sehingga dirinya meminta bantuan pemerintah agar bisa memfasilitasi.

Mendengar pengaplikasian IT pada pilkada nanti, Isdianto menyambutnya dengan positif dan berharap ini bisa diterapkan sehingga pilkada yang dilaksanakan  menjadi lebih berkualitas. 

Untuk penanganan blackspot area dirinya akan menginstruksikan kepada dinas terkait agar berkoordinasi dengan KPU.

"Coba nanti bertemu langsung dengan Kepala Dinas Kominfo untuk penanganan masalah blackspot ini," saran Isdianto.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews