Bertemu Menlu Jepang, Jokowi Ajak Investasi Perikanan di Natuna

Jokowi bertemu Menlu Jepang, Toshimitsu Motegi di Istana Merdeka, Jumat (10/1/2020). (Foto: Liputan6.com)

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak Jepang untuk berinvestasi di Natuna, Kepulauan Riau. Hal itu diungkapkan saat melakukan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Jepang Toshimitsu Motegi di Istana Merdeka, Jakarta Pusat.

Saat membuka pertemuan, Jokowi memberikan selamat kepada Toshimitsu Motegi yang dipercaya menjadi Menteri Luar Negeri Jepang. Jokowi berharap diplomasi ekonomi Indonesia dengan Jepang harus menjadi fokus.

"Yang Mulia, Jepang adalah salah satu mitra utama Indonesia. Dan saya tahu, setelah ini yang mulia akan melakukan pertemuan dengan menteri luar negeri Indonesia membahas kerja sama bilateral secara lebih detail," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (10/1/2020).

Dalam pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Jokowi pun berpesan agar Jepang lebih banyak membahas investasi. Mantan Gubernur DKI Jakarta ini pun menawarkan investasi di Natuna.

"Namun izinkan saya, menyampaikan beberapa hal berkaitan dengan prioritas Indonesia terkait dengan Jepang. Yang pertama, di bidang investasi. Saya ingin mengajak Jepang untuk melakukan investasi di Natuna," jelas dia.

Investasi yang ditawarkan ke Jepang adalah untuk membangun sentra kelautan dan perikanan terpadu.

"Saya mengapresiasi kerja sama di Natuna yaitu pembangunan sentra kelautan dan perikanan terpadu untuk fase pertama. Dan saya harapkan usulan pendanaan untuk fase kedua dapat segera ditindaklanjuti," ungkap dia.

(*)