Kemdikbud Dukung Rencana Isdianto Bangun Museum Bahasa di Penyengat

Kemdikbud Dukung Rencana Isdianto Bangun Museum Bahasa di Penyengat

Masjid Pulau Penyengat di Tanjungpinang, kepulauan Riau. (Foto: istimewa)

Jakarta - Plt Gubernur Isdianto memiliki keinginan besar membangun Museum Bahasa di Pulau Penyengat, dan hal itu mendapat sambutan antusias dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 

Apalagi, saat ini belum ada Museum Bahasa di Indonesia, dan apabila rencana ini berhasil, maka akan menjadi yang pertama berdiri.

Direktur Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman Kemdikbud, Fitra Arda mendukung pembangunan museum bahasa tersebut yang akan digagas Plt Gubernur Kepri tersebut.

"Tentu nantinya museum ini disesuaikan dengan Pulau Penyengat sebagai Cagar Budaya Nasional. Apalagi belum ada museum bahasa di negeri ini," katanya, Senin (6/1/2020).

Fitra bercerita tentang kesuksesan pengemasan kawasan di Pagaruyuang yang memberi manfaat banyak pada masyarakat setempat.

Sementara, Kepala Barenlitbang Provinsi Kepri Naharuddin mengatakan, rencana yang disampaikan Isdianto ini langsung direspons dengan gerak cepat OPD terkait di Kepri. 

"Konsultasi ini merupakan bagian dari persiapan pembangunan museum itu cepat teralisasi. Tentu dengan memperhatikan berbagai aspek Penyengat sebagai cagar bidaya nasional," katanya.

Apalagi, kata Nahar, Raja Ali Haji ditetapkan sebagai Pahlawan Bahasa. Museum itu akan semakin memperkuat Penyengat sebagai asal bahasa persatuan.

“Konsultasi ini sebagai langkah awal kita minta dukungan dan rekomendasi dari Kemendikbud untuk membangun Museum Bahasa di Penyengat," ujarnya.

Dia juga mengharapkan dukungan masyarakat Kepri agar museum bahasa ini dapat dibangun dan berjalan dengan lancar. 

Dengan adanya Museum Bahasa ini bisa menjadi referensi bagi semua pihak yang berkaitan dengan asal muasal bahasa Indonesia.

"Nantinya juga menjadi kebanggaan rakyat dan masyarakat Kepri," kata Nahar.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews