Hyundai Bakal Ramaikan Pasar Otomotif Tanah Air Tahun Ini

Hyundai Bakal Ramaikan Pasar Otomotif Tanah Air Tahun Ini

Ilustrasi.

Jakarta - Pada 2019 pasar mobil Indonesia sedikit begejolak mendengar rencana General Motor melalui merek Chevrolet dan Datsun yang resmi angkat kaki dari Indonesia per 2020.

Hengkangnya dua pemain lama itu diyakini akan menjadi celah yang bisa dimanfaatkan oleh para produsen otomotif Indonesia, termasuk Hyundai yang akan mendirikan pabriknya di Jawa Barat pada 2020 ini. Meski demikian Hyundai dikabarkan akan fokus ke mobil listrik, pasar yang masih sangat belia di Tanah Air.

"Pasar yang ditinggalkan oleh dua merek di tahun 2019 akan diperebutkan oleh pemain-pemain lama dan menjadi peluang untuk yang baru datang," kata pengamat otomotif Bebin Djuana dilansir Suara.com.

Lebih lajut, kata Bebin, peluang pemain baru sejauh ini masih terbuka lebar. Pasalnya kebutuhan alat transportasi di Indonesia masih besar.

"Tapi tampilan pelayanan dan kualitas produk juga sangat penting. Tidak ketinggalan harga dan luasnya jaringan. Tidak mudah perlu kerja keras," tegas Bebin.

Hyundai turun gelanggang

Masuknya Hyundai di Tanah Air juga dinilai positif bagi pasar mobil Indonesia, khususnya dalam pengembangan mobil listrik. Meski demikian, Bebin mengatakan Hyundai butuh kerja keras di Tanah Air.

"Walaupun tidak semudah yang dibayangkan, perlu meyakinkan masyarakat akan pelayanan dan kehandalannya," kata Bebin soal masuknya Hyundai.

Kedatangan Hyundai sendiri disambut positif oleh para pemain lama yang sudah mapan. Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy mengatakan Hyundai akan membuat Indonesia semakin semarak.

"Jadi saya rasa market ke depannya tetap akan meriah, tetap akan menarik. Tidak hanya dari kami sendiri tapi dari kompetitor juga," ujar Anton, di Plaza Senayan, Jakarta Pusat.

Sambutan yang sama disampaikan oleh Direktur Pemasaran Astra Daihatsu Motor, Amelia Tjandra. Ia mengatakan masuknya Hyundai akan membuat konsumen punya pilihan baru.

"Konsumen akan punya pilihan lagi," tegas Amelia.

Sementara itu, Arviane D Bahar, PR Digital Manager & Marketing DFSK Indonesia menyampaikan pihaknya sangat terbuka terbuka dengan kehadiran pendatang baru.

"Kami percaya setiap produk memiliki keunggulan dan pangsa pasarnya tersendiri. Banyaknya produk yang sama di segmennya, tentu akan memacu pelaku otomotif memberikan kualitas dan teknologi terbaiknya. Hal ini tentunya akan memberikan manfaat baik bagi konsumen Indonesia," papar Arviane.

(*)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews