Studi Sebut Suka Makan Pedas Kurangi Risiko Terkena Stroke

Studi Sebut Suka Makan Pedas Kurangi Risiko Terkena Stroke

Ilustrasi makanan pedas

Jakarta - Cabai sudah sering disebut bisa memiliki manfaat kesehatan. Nah bagi yang suka makanan pedas, studi terbaru buktikan bahwa memang cabai bisa kurang risiko stroke dan penyakit jantung.

Dipublikasi dalam jurnal American College of Cardiology, para peneliti dari Italia melakukan studi data membandingkan risiko kematian di antara 23 ribu orang. Sebagian suka mengonsumsi makanan pedas dan sebagian lain tidak.

Hasilnya setelah mempertimbangkan berbagai faktor ditemukan mereka yang mengonsumsi makanan pedas risiko kematian karena penyakit jantungnya berkurang sekitar 40 persen dibandingkan mereka yang tidak. Sementara untuk risiko kematian karena stroke ada pengurangan sekitar 50 persen.

"Menariknya adalah fakta bahwa risiko kematian ini terbebas dari pola makan apa yang dilakukan orang-orang," ujar pemimpin studi Marialaura Bonaccio.

"Jadi artinya seseorang bisa saja mengikuti diet Mediterania yang sehat, orang lain diet yang lebih kurang sehat, namun untuk semuanya cabai jadi faktor penting demi mendapatkan manfaat perlindungan kesehatan," lanjutnya seperti dikutip dari CNN, Selasa (17/12/2019).

Saat ini peneliti akan melanjutkan studinya, mengungkap mekanisme pasti bagaimana cabai bisa bermanfaat untuk kesehatan.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews