Warga Mulai Bersihkan Puing Sisa Banjir dan Tanah Longsor di Tambelan

Warga Mulai Bersihkan Puing Sisa Banjir dan Tanah Longsor di Tambelan

Sejumlah desa di Tambelan, Bintan diterjang banjir. (Foto: istimewa)

Bintan - Pascabencana alam yang melanda Kecamatan Tambelan, puluhan orang dari berbagai elemen bergotong royong membantu korban banjir dan tanah longsor, Sabtu (7/12/2019).

Danramil 07 Tambelan, Kapten Tomson Rajagukguk mengatakan semua unsur turun tangan untuk memberikan bantuan kepada korban bencana alam. Mulai dari TNI-Polri, Satpol PP serta pegawai kantor kecamatan dan masyarakat.

“Kegiatan ini dimulai pukul 08.30 WIB tadi. Mulai dari membersihkan lumpur sampai mengangkat dan memindahkan puing-puing bangunan yang rusak,” ujar Tomson.

Ada empat yang jadi sasaran dalam aksi peduli korban bencana alam ini antara lain membantu warga membersihkan sisa tanah longsor di parit dan jalan raya yang berada di RT 005/RW 002 Desa Kampung Hilir.

Kemudian membantu Kepala Sekolah (Kepsek) SD Negeri 005 Tambelan membersihkan puing-puing pagar yang rusak akibat banjir bandang. Lalu, menyambangi rumah salah satu korban banjir di Desa Kampung Hilir. 

“Bapak ini korban bencana alam. Dapur rumahnya roboh dan terbawa arus banjir maka kita bantu beliau. Selain itu kita juga mengimbau kepada beliau untuk tetap waspada karena hujan belum reda, dan untuk dapat bersabar, dalam waktu dekat akan ada bantuan dari Desa Kampung Hilir,” jelasnya.

Berikutnya membantu pelajar SMA Negeri 1 Tambelan melewati timbunan tanah longsor yang menutupi jalan menuju sekolah dan rumah. Apalagi hujan terus melanda meskipun insensitasnya sedang.

“Kami juga tak henti-hentinya memberikan himbauan kepada nelayan agar tidak melaut dulu, dikarenakan cuaca angin utara yang ekstrime ini,” katanya.

Camat Tambelan, Sofyan mengatakan terkait penanggulangan bencana alam ini sudah dibahas serius di tingkat Pemkab Bintan. Berbagai instansi terkait juga akan segera mengambil langkah untuk menanggulangi bencana tersebut.

“Semalam saya dan Pak Kapolsek Tambelan, Ipda Missyamsu Alson bersama kepala dinas (kadis) dari berbagai instansi menggelar rapat koordinasi untuk menanggulangi bencana ini,” ujar Sofyan, kemarin.

Dari hasil rapat itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Sosial (Dinsos) akan segera mengirimkan berbagai bantuan yang dibutuhkan korban bencana alam di Tambelan.

“Dalam waktu dekat akan dilakukan pengiriman bantuan ke Tambelan. Tapi keberangkatannya menunggu jadwal kapal dan cuaca yang baik,” ucapnya. 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews