Hampir 100 Pelamar Daftar Anggota Panwascam Pilkada 2020 di Lingga

Hampir 100 Pelamar Daftar Anggota Panwascam Pilkada 2020 di Lingga

Ketua Bawaslu Lingga, Zamroni (Foto:Ruzi/Batamnews)

Lingga - Pendaftaran anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) yang dibuka Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Lingga, sudah memasuki hari terakhir. Ada hampir 100 orang mendaftar sejak dibuka 27 November-3 Desember 2019.

"Alhamdulillah masyarakat sangat antusias untuk menjadi pengawas pemilu. Hingga siang ini sudah ada 97 orang pendaftar. 85 orang laki-laki dan 12 perempuan," kata Ketua Bawaslu Lingga, Zamroni kepada Batamnews, Selasa (3/12/2019).

Lanjut dia, di hari terakhir pendaftaran ini, pihaknya akan menutup pendaftaran pada pukul 22.00 WIB. Ia pun mengajak masyarakat Lingga untuk dapat memanfaatkan kesempatan ini.

"Saya berharap masyarakat Lingga dapat untuk ikut berpartisipasi dalam pengawasan proses pilkada dengan ikut mendaftar sebagai anggota panwascam," ujarnya.

Diketahui, adapun syarat menjadi Panwascam diantaranya usia minimal 25 tahun. Pendidikan minimal SMA. Tidak pernah dipidana lebih dari 5 tahun, sehat jasmani dan rohani. Bebas dari penyalahgunaan narkotika. Tidak ada ikatan pernikahan dengan sesama penyelenggara.

Kemudian, tidak pernah menjadi anggota partai politik sedikitnya 5 tahun. Tidak menjadi anggota tim kampanye anggota DPR, DPD, DPRD, serta pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden, sekurang-kurangnya 5 tahun.

Selanjutnya tidak menjabat kepala masyarakat seperti RT/RW. Jika terpilih wajib mengundurkan diri dari organisasi kemasyarakatan. Serta, bersedia mengundurkan diri dari dari Jabatan politik, jabatan pemerintahan BUMN/BUMD selama masa keanggotaan.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews