Toyota Berencana Luncurkan Mobil Hybrid Seharga Rp 300 Jutaan

Toyota Berencana Luncurkan Mobil Hybrid Seharga Rp 300 Jutaan

Toyota C-HR Hybrid (Foto:ist/motoring)

Surabaya - Perlahan-lahan Toyota menyiapkan mobil dengan dukungan tenaga listrik yang dibanderol lebih murah. Terakhir Toyota C-HR Hybrid telah menjadi pilihan utama dengan harga Rp 500 jutaan dan berkontribusi mendorong penjualan mobil elektrifikasi Toyota di Indonesia.

Bahkan tak menutup kemungkinan pula mobil berharga Rp 300 jutaan akan turut 'disetrum' oleh Toyota guna menggairahkan segmen ini. Caranya tentu mereka berusaha untuk merakit mobil hybrid di fasilitas pabrik dalam negeri.

"Mobil hybrid harganya (dulu) Rp 700-800 jutaan sekarang udah turun ke Rp 500 juta-an. Untuk menurunkan hybrid lebih murah lagi ke harga Rp 300 jutaan memang pilihan pertama adalah produksi lokal dan itu sudah permintaan dari pemerintah," ungkap Marketing Director PT Toyota Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy saat dijumpai di Surabaya, Jawa Timur.

Selain produksi mobil secara lokal, Toyota juga melihat potensi produksi baterai mobil listrik yang akan dilokalisasi. Tentunya pembuatan baterai mobil listrik di Indonesia akan semakin memangkas nilai jual mobil listrik nantinya.

"Indonesia termasuk beruntung kita memiliki resources tapi perlu diolah. Itu pabrikan dan investasi untuk mengolah itu memang lagi kita tunggu juga gimana perkembangannya dan kita dorong juga. Baterai adalah kunci jadi untuk mencapai lokalisasi yang diharapkan rasanya baterai dilokalisasi di Indonesia," ujarnya.

Beberapa tahun terakhir Toyota cukup puas dengan pertumbuhan mobil hybridnya di Indonesia. Tahun 2019 sendiri mengalami peningkatan besar dibanding tahun sebelumnya berkat diluncurkannya C-HR Hybrid.

"Januari-Agustus 500 unit tapi kalau lihat September-Oktober plus November, Desember mengarah 900-1.000 unit setahun. Kalau dibanding tahun lalu paling penjualannya 100 unit ke bawah jadi sebenarnya setahun-dua tahun sebelum sekarang baru 200-300 unit jadi peningkatan udah signifikan dari Toyota," pungkas Anton.

(*)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews