Diet Korea Bisa Cegah Diabetes, Apa Saja Menunya?

Diet Korea Bisa Cegah Diabetes, Apa Saja Menunya?

Kimchi (Foto:ist/thespruceeats.com)

Jakarta - Diabetes merupakan penyakit tidak menular yang jumlah pengidapnya terus meningkat setiap tahun di Indonesia. Bahkan, Indonesia menempati peringkat ke-6 di dunia dengan jumlah pengidap diabetes melitus sekitar 10,3 juta orang.

Penyakit diabetes kerap terjadi karena kadar gula dalam darah yang tinggi. Cara untuk mengatasinya adalah dengan menjaga asupan makanan yang dikonsumsi dan rajin berolahraga.

Salah satu yang mungkin bisa jadi pilihan adalah diet pengurangan berat badan ala Korea. Dihimpun dari Healthline, konsep diet ini berbasis kuliner Korea yang minim produk makanan olahan, mengurangi panganan kaya lemak, atau makanan bergula.

Diet ini juga merekomendasikan untuk menghindari produk yang mengandung susu dan tepung. Makanan yang dikonsumsi biasanya berisi banyak sayuran, sejumlah daging maupun ikan, dan nasi. Kimchi, si sawi fermentasi khas Korea, juga bisa disisipi.

Makan banyak sayuran dapat mengurangi banyak kalori tanpa membuat seseorang merasa lapar. Hal ini juga sesuai dengan cara makan yang seharusnya bagi pengidap diabetes, yakni porsi sayur 2x lebih banyak dari nasi.

Lakukan olahraga secara teratur, kurangi makanan berminyak dan hanya pakai sedikit bumbu saja. Kurangi pula asupan gula dengan mengganti semua soda dan panganan manis lainnya dengan buah segar. Tak lupa, jauhi camilan yang tidak perlu.

(*)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews