Menteri KKP Edhy Prabowo Ingatkan Petugas PSDKP Lupakan Ego Sektoral

Menteri KKP Edhy Prabowo Ingatkan Petugas PSDKP Lupakan Ego Sektoral

Menteri KKP Edhy Prabowo digotong personel PSDKP saat kunjungan ke Batam. (Foto: Yogi/batamnews)

Batam - Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo meminta personel Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan tetap solid dalam menjaga laut Indonesia, termasuk para nelayan.

Dalam menjalankan tugas, Edhy berpesan menjaga laut tidak bisa dilakukan PSDKP sendiri. Komunikasi dan koordinasi dengan sektor lain juga harus terus dibangun.

"Ini bukan tugas mudah karena anda harus melupakan ego. Bangun komunikasi setiap sektor. Laut tidak bisa dijaga sendirian," kata Edhy memimpin apel pagi di Pangkalan PSDKP Kota Batam, Rabu (13/11/2019).

Masih dalam suasana peringatan Hari Pahlawan, personel PSDKP juga diminta mengilhami semangat para pahlawan dalam menjalankan tugas.

"Membuktikan tanpa diminta dan mengorbankan semua yang dimiliki," kata Edhy di depan puluhan personel PSDKP yang siap melakukan pengawasan di laut. 

Menurut Edhy, pahlawan sesunguhnya adalah pahlawan yang meneruskan perjuangan sebelumnya. Dia juga meminta petugas memastikan masyarakat bisa melaut tanpa dihantui rasa takut. 

"Tugas kita menjaga isi laut, apakah bisa bermanfaat untuk masyarakat," katanya.

Selain itu, Edhy menegaskan petugas pengawasan PSDKP harus menjadi hantu dan momok untuk para pencuri ikan.

"Saya baru 21 hari menjadi menteri. Tetapi lima tahun saya sudah memahami tugas Anda, ketika saya sebagai Ketua Komisi IV DPR," katanya.

Dari hasil pemahaman dirinya, ternyata PSDKP adalah kunci keberhasilan KKP. "Intinya sekarang kita punya kesempatan melindungi laut kita," katanya.

"Terimakasih atas daya juangnya, tugas ini akan berhasil kalau kita saling bahu membahu, " kata Edhy.

(tan)