Kecuali di Tambelan, Rekrutmen Panwascam Bintan Dilakukan Online

Kecuali di Tambelan, Rekrutmen Panwascam Bintan Dilakukan Online

Ilustrasi.

Bintan - Bawaslu Bintan segera melakukan rekrutmen Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) untuk Pilkada 2020 mendatang. Rekrutmen itu dilakukan di 10 kecamatan se-Kabupaten Bintan.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bintan, Febriandinata mengatakan pembukaan rekrutmen panwascam akan diumumkan pada esok hari. Pengumumannya bisa dilihat di website resmi Bawaslu Bintan.

“Kalau jadwalnya, tahap pemberitahuan pengumuman rekrutmen akan dilaksanakan mulai besok 13 November hingga 26 November,” ujar Febri, Selasa (12/11/2019).

Rekrutmen kali ini dilakukan dengan sistem online. Tujuannya agar lebih transparan serta penilaiannya lebih akurat dan tersistem bahkan dengan cara ini bisa saja petugas panwascam pada pemilu lalu tidak terpilih.

Sistem online yang bertajuk “Bawaslu Memanggil”, ini diharapkan banyak masyarakat yang mendaftar. Pihaknya menjamin proses seleksi akan lebih baik lagi dalam memilih yang terbaik sehingga pengawasan pemilu dapat berjalan lebih baik dan jujur.

“Namun dikhususkan bagi wilayah yang terjangkau saja. Kalau di wilayah perbatasan atau terluar masih menggunakan cara manual atau biasa,“ jelasnya.

Pendaftaran yang dilaksanakan sistem online untuk wilayah yang terjangkau antara lain Kecamatan Bintan Utara, Teluk Sebong, Seri Kuala Lobam, Teluk Bintan, Toapaya, Gunung Kijang, Bintan Timur, Mantang dan Bintan Pesisir.

Sedangkan sistem manual atau biasa diberlakukan untuk Kecamatan Tambelan. Sebab wilayah tersebut masih minim dengan sinyal.

“Kalau untuk pendaftaran akan dilaksanakan pada 27 November hingga 3 Desember. Lalu barulah dilakukan pelantikan akhir Desember,” sebutnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews