Lukisan Triplek Asal Kepri Tembus Pasar Eropa

Lukisan Triplek Asal Kepri Tembus Pasar Eropa

Foto: detikom

Karimun - Perbedaan dianggap inovasi terhadap produk yang kita buat. Hal itu diterapkan oleh Sharudin, warga Kabupaten Tanjung Balai Karimun (TBK), Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Disaat semua produk lukisan mayoritas berada di atas kanvas, pria yang akrab disapa Franky ini justru melukis di atas triplek.

Dia menceritakan, awal mula menjalankan usahanya karena sekadar menyalurkan hobi seni melukis. "Sejak 10 tahun lalu, Sudah produk lukisan," ujarnya.

Namun pada tahun 2013 dirinya mulai senang dengan hasil lukisan tripleknya. Saharudin menyebut, awal mula menjalankan usahanya ini semua dilakukan secara manual. "Untuk menciptakan satu buah lukisan membutuhkan waktu yang lama. Pada saat semua produksi dikerjakan secara manual maka dibutuhkan ketelitian,"jelasnya lagi

Bahkan saat semua produk lukisan dikerjakan secara manual, dirinya mengaku pernah sama sekali tidak mendapatkan omzet. Itu artinya, biaya produksi yang digunakan sangat besar. Meski demikian, dirinya tidak menyerah begitu saja.

"Saya tetap menerima orderan dari setiap konsumen yang tertarik dengan jasa lukis," sebutnya.

Ditambah lagi, rumah yang ditempatinya mendapatkan aliran listrik dengan daya yang lebih besar. Sehingga hal tersebut sangat membantu dan menghemat biaya produksinya.

Saharudin mengungkapkan modal awal menjalankan usahanya ini berasal dari aksi menjual perhiasan cincin emas milik istrinya.

Pada saat itu, dia mendapatkan uang Rp 2,5 juta. Dari kerja kerasnya selama ini, dirinya kini bisa mengantongi omzet sekitar Rp 10 juta per bulan.

Tinggal di wilayah perbatasan Singapura dan Malaysia, kata Sharuddin juga memberikan keuntungan tersendiri bagi produk lukisan tripleknya. Dia menceritakan, produknya pernah dipesan oleh seorang anak sultan Malaysia.

Tidak hanya itu, produknya juga pernah dipesan oleh turis asal Italia dan Rusia. Dengan begitu, produk Franky Gallery di Karimun sudah tembus ke pasar internasional.

Meskipun masih sedikit. Dia berharap ke depannya Pemerintah Daerah Kabupaten Karimun bisa memberikan fasilitas yang lebih lengkap lagi bagi pelaku usaha. Khususnya promosi produk pelaku usaha yang berada di wilayah perbatasan.

(*)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews