Pemkab Lingga Terima WTP Dua Kali Berturut-turut

Pemkab Lingga Terima WTP Dua Kali Berturut-turut

Wakil Bupati Lingga, Muhammad Nizar saat menerima piagam penghargaan dari Kemenkeu RI yang diserahkan oleh Kakanwil Dirjen Perbendaharaan Provinsi Kepri, Teguh Dwi Nugroho (Foto:ist)

Lingga - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lingga berhasil meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI untuk kedua kalinya, setelah hampir enam belas tahun berdiri menjadi daerah otonom.

Sebelumnya Kabupaten Lingga meraih predikat WTP ini pada tahun 2018. WTP itu didapat merupakan suatu penghargaan atas keberhasilan Pemkab Lingga menyusun dan menyajikan laporan keuangan tahun 2017.

Namun sebelum meraih WTP tersebut, Lingga selalu mendapat predikat Wajar Dengan Pengecualian (WDP) dan Disclaimer selama belasan tahun. Maka dengan diraihnya WTP dua kali berturut-turut ini merupakan suatu yang luar biasa.

Wakil Bupati Lingga, Muhammad Nizar mengatakan, capaian ini tidak lepas dari kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang telah bekerjasama dan berjibaku mewujudkan prestasi tersebut.

"Tentu ini menjadi prestasi yang luar biasa. Tanpa laporan keuangan yang baik, maka ini semua tidak akan terwujud," kata Nizar saat menerima piagam penghargaan yang diserahkan Kementerian Keuangan melalui Kakanwil Dirjen Perbendaharaan Provinsi Kepri, Teguh Dwi Nugroho, di Ruang Rapat Kantor Bupati Lingga, Kamis (31/10/2019) sore.

Piagam penghargaan yang diberikan Kemenkeu kepada Pemkab Lingga karena berhasil meraih predikat WTP (Foto:ist/Batamnews)

Lanjut dia, capaian ini menjadi motivasi bagi pihaknya. Pasalnya, dengan didapatkan predikat WTP yang kedua kalinya ini, diharapkan dapat menambah pundi-pundi anggaran Pemkab Lingga di tahun-tahun mendatang.

"WTP ini memberikan motivasi kepada kami Pemkab Lingga. predikat ini yang harus kita jaga, walaupun APBD kita hanya sedikit, saya berharap bisa menambah pundi-pundi penghasilan untuk APBD tahun berikutnya," ujar Nizar.

Sementara itu, Kakanwil Dirjen Perbendaharaan Provinsi Kepri, Teguh Dwi Nugroho mengatakan, predikat WTP merupakan opini tertinggi dari BPK atas laporan keuangan pemerintah daerah. Ia pun berharap Lingga dapat mempertahankan predikat yang diraih kedua kalinya ini.

"Pencapaian ini terwujud dari kerja keras dan sinergi dari seluruh jajaran Pemkab Lingga dalam menyiapkan laporan keuangan yang berkualitas. Pencapaian ini juga bukti dan komitmen Pemkab Lingga terhadap tata kelola keuangan daerah dalam upaya meningkatkan akuntabilitas dan kualitas pemerintah daerah," pungkasnya.

(ruz)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews