OJK Ajak Pelajar di Kepri Semangat Menabung

OJK Ajak Pelajar di Kepri Semangat Menabung

Kepala OJK Kepri, Iwan M Ridwan bersama Asisten II Setda Kepri, Syamsul Bahrum (Foto:Dyah/Batamnews)

Batam - Dalam rangka bulan inklusi keuangan sekaligus Hari Menabung Indonesia. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kepri mengajak pelajar di Kecamatan Sagulung, Kota Batam meningkatkan semangat menabung di usia dini, Kamis (24/10/2019).

Kegiatan ini, juga sebagai bentuk perwujudan Keputusan Presiden (Kepres) No 26 tahun 2019 tentang Hari Indonesia Menabung.

Kepala OJK Kepri, Iwan M Ridwan mengatakan, hingga saat ini dana yang berhasil dihimpun melalui simpanan pelajar sudah mencapai Rp 19 miliar. "Dana yang dihimpun sudah 98 persen dari 24 ribu pelajar di Kepulauan Riau dengan total Rp 19 miliar," kata dia.

Kegiatan ini telah diimplementasikan dalam program tabungan pelajar. Pada kesempatan tersebut, OJK juga turut memperkenalkan beberapa instansi perbankan yang akan mendukung program ini, seperti Bank Riau, Bank BNI, Bank Mandiri, BRI, serta BCA dengan menghadirkan Simpanan Pelajar (Simpel).

Pertumbuhan nabasah pelajar ini diharapkan terus meningkat hingga akhir tahun 2019. Melalui tabungan pelajar, diharapkan menjadi edukasi literasi keuangan sejak dini

"Target kita hingga Desember pokoknya lebih dari itu. Kesadaran menabung ini mencakup semua lini di lingkungan sekolah. Jadi harus ada kesadaran dari dia dan orang tuanya," ujarnya.

Sementara itu, Asisten II Setda Kepri, Syamsul Bahrum mengatakan, Provinsi Kepri turut mendukung program tabungan pelajar tersebut. Sebagai dukungan, pemerintah akan terus mengirimkan surat edaran kepada seluruh instansi.

"Dengan surat edaran ini ada dasar hukum untuk mereka bergerak mengalokasikan dana mendukung kegiatan ini. Kalau ini sudah masuk ke perda, maka akan jadi wajib, jadi untuk saat ini masih edaran dulu," tuturnya.

Lanjut Syamsul, Bukan institusi pemerintah saja yang diharapakan aktif dalam mendukung program ini. tapi masyarakat juga diharapkan berpartisipasi aktif, seperti dorongan kesadaran dari keluarga.

(das)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews