Lewati Mick Doohan, Marc Marquez Pebalap Honda Tersukses

Marc Marquez menjadi pebalap Repsol Honda paling sukses di MotoGP. (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images)

Jakarta - Marc Marquez membukukan rekor usai memenangi MotoGP Australia. Dia menjadi pebalap Honda paling sukses, melewati catatan kemenangan Mick Doohan.

Saat membalap di Phillip Island, Minggu (27/10/2019) siang WIB, Marquez memetik kemenangan dengan dramatis. Dia melewati Maverick Vinales di lap terakhir, hingga menjadi yang tercepat dalam 27 lap dengan cayayan waktu 40 menit 43,729 detik.

Dengan kemenangan ini, Marquez sudah membukukan 55 kemenangan bersama Honda di ajang MotoGP. Dia lebih banyak satu kemenangan dibandingkan Doohan.

Marquez memang sangat konsisten musim ini. Dari 17 balapan yang sudah digelar, Marquez bisa naik podium 16 kali, sekali crash.

Ada 11 kemenangan yang sudah didapat Marquez di MotoGP 2019. Sementara pada lima balapan, pebalap 26 tahun itu tercatat finis sebagai runner-up.

Selama berkiprah di MotoGP, Marquez 125 kali start. Dia berhasil meraih 93 podium.

Marquez menjadi pemenang MotoGP Australia menyalip Maverick Vinales di lap terakhir untuk menjadi pemenang.

Dalam balapan MotoGP Australia kesialan menimpa Vinales dia jatuh saat mengejar Baby Alien di lap terakhir.

Melengkapi posisi podium ada rider LCR Honda, Cal Crutchlow dan Jack Milller. Crutchlow ada finis 11,413 detik lebih lambat dari Marquez.

Berturut-turut ada di posisi 10 besar ada Francesco Bagnaia, Joan Mir, Andrea Iannone, Andrea Dovizioso, Valentino Rossi, Alex Rins dan Aleix Espargaro.

Dengan hasil ini, Marquez sudah mampu memenangi 11 balapan musim ini.

(*)

SHARE US :