Didominasi Anak-anak, Warga 4 Kecamatan Bintan Terserang DBD

Didominasi Anak-anak, Warga 4 Kecamatan Bintan Terserang DBD

Ilustrasi.

Bintan - Kelurahan Gunung Lengkuas, Kecamatan Bintan Timur menjadi wilayah penyumbang tertinggi kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) selama 2 bulan terakhir di wilayah timur Kabupaten Bintan.

Humas RSUD Bintan, dr Toni Masruri mengatakan dari September-Oktober 2019 ini pasien DBD yang ditangani RSUD Bintan sebanyak 8 kasus.

“Ada 8 kasus DBD selama 2 bulan terakhir. Yaitu September ada 5 kasus dan Oktober sampai sekrang ini ada 3 kasus,” ujar dr Toni, Jumat (18/10/2019).

Dari 4 kecamatan yang berada di wilayah timur Kabupaten Bintan. Kelurahan Gunung Lengkuas menyumbang kasus terbanyak yaitu 3 kasus. Begitu juga dengan Kelurahan Kijang Kota sebanyak 3 kasus.

Kemudian Desa Gunung Kijang, Kecamatan Gunung Kijang ada 1 kasus dan Desa Dendun, Kecamatan Mantang ada 1 kasus. Sedangkan desa-desa di Kecamatan Bintan Pesisir nihil.

“Gunung Lengkuas dan Kijang kota merupakan daerah endermis. Yaitu rawan dengan perkembangannya Nyamuk Aedes Aegypti ini,” katanya.

70 persen pasien DBD yang ditangani RSUD Bintan berasal dari kalangan balita sampai anak-anak. Sedangkan 30 persen lagi dari kalangan remaja sampai dewasa.

Rinciannya, kata Toni, anak-anak dari usai 5-9 tahun sebanyak 1 orang, usia 10-14 tahun sebanyak 4 orang, usia 15-19 tahun sebanya 1 orang dan usia 20-44 sebanyak 3 orang.

“Dari seluruh kasus ini pasien perempuan yang banyak kita tangani yaitu 5 orang sedangkan laki-laki 3 orang,” ucapnya. 

(ary)
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews