Pembakaran Mushola di Tolikara

Romo Benny: Jangan Mudah Terjebak Isu Agama

Romo Benny: Jangan Mudah Terjebak Isu Agama

Romo A Benny Susetyo

BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta - Rohaniawan Benny Susetyo meminta agar masyarakat tidak terpengaruh pada isu agama dalam kejadian pembakaran mushala di Kabupaten Tolikara, Papua, Jumat (17/7/2015) pagi. Ia berharap pemerintah segera bertindak cepat dengan membentuk tim investigasi untuk menyelesaikan masalah tersebut.

"Untuk seluruh umat beragama, jangan mudah terjebak pada isu agama. Ini masalah kekerasan, persoalan hukum, sehingga harus diselesaikan secara adil," ujar Benny saat dihubungi, Jumat sore.

Benny menilai ada kejanggalan dalam insiden pembakaran tempat ibadah yang baru pertama kali terjadi di wilayah tersebut. Untuk itu, ia meminta pemerintah dan polisi membentuk tim investigasi sehingga masyarakat tidak terjebak pada pendapat yang bersifat provokatif.

"Jangan sampai masalah ini menjadi keruh dengan pendapat yang provokatif. Aneh kalau peristiwa ini terjadi di Papua," kata Benny.

Sebelumnya, Kepala Bidang Humas Kepolisian Daerah Papua Komisaris Besar Patrige Renwarin mengatakan, berdasarkan laporan yang diperoleh dari Kepala Polres Tolikara, insiden itu berlangsung sekitar pukul 07.00 WIT. Saat itu, ratusan warga tiba-tiba berdatangan dari berbagai arah dan melempari mushala. Tak lama berselang, massa lalu membakar mushala dan beberapa rumah serta kios yang ada di sekitarnya. 

Ratusan umat Muslim di Karubaga yang sedang melaksanakan shalat Id di Lapangan Koramil Tolikara, terpaksa membubarkan diri karena takut menjadi sasaran amuk massa. Puluhan aparat gabungan kepolisian dibantu TNI membubarkan massa dengan melepas tembakan ke udara. Melihat kedatangan aparat, massa lalu mundur, tetapi terlihat masih berkumpul di beberapa tempat.

sumber: kompas

 

[snw]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews