Android Terbaru Gantikan Google Play Music dengan Youtube Music

Android Terbaru Gantikan Google Play Music dengan Youtube Music

Ilustrasi.

Google meluncurkan YouTube Music empat tahun lalu. Pengguna platform ini belum terlihat signifikan. Namun segalanya mungkin akan berubah.

Dalam posting blog resminya, Google menyebut bahwa Youtube Music akan menggantikan Google Play Music sebagai pemutar musik default di perangkat Android. Hal ini akan jadi konten pre-instal di perangkat Android 9 dan Android 10 baru.

Meski demikian, Google juga tetap menyebut bahwa Google Play Music tetap bisa diunduh dari Play Store.

Hal ini seharusnya tidak terlalu mengganggu, karena aplikasi Google Play Music tidak hilang. Bahkan banyak orang lebih banyak menggunakan layanan terpisah seperti Spotify dan Apple Music. Namun, terdapat beberapa kelemahan dari Youtube Music jika ia jadi platform default.

 

Kekurangan Youtube Music

Melansir TechRadar, YouTube Music masih tidak bisa memutar musik dari cloud seperti Google Play Music. Ini sebenarnya adalah fitur yang baik untuk mereka yang musiknya tak terlalu beragam. Namun di YouTube Music, absen.

Versi gratisnya sendiri tak terlalu berarti. Tanpa membayar langganan per bulan USD 10, Anda tidak dapat mendengarkan offline atau memutar audio di latar belakang. Belum lagi iklan di antara lagu.

Saat ini pun posisi YouTube Music masih jauh di belaang para pesaingnya, jadi mungkin platform ini belum jadi pilihan para musisi untuk menelurkan album. Sehingga keberagaman pilihan masih tak seperti Spotify.

(*)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews