Idul Fitri

Lebaran Serentak Akan Terus Terjadi Sampai Tahun 2022

Din Syamsuddin. (foto: tempo)

BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta - Pemerintah akhirnya menetapkan tanggal 1 Syawal 1436 Hijriyah atau Hari Raya Idul Fitri jatuh pada hari Jumat, tanggal 17 Juli 2015.

Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Din Syamsuddin mengatakan kondisi seperti itu akan terus terjadi hingga setidaknya tahun 2022.

"Menurut data astronomi, hal seperti ini yang akan terus terjadi sampai tahun 2022," ujar Din di Kantor Kementerian Agama, Jakarta Pusat, Kamis (16/7/2015).

Karena itu menurut Din, momen penetapan tanggal 1 Syawal yang seragam pada tahun ini merupakan saat yang tepat bagi pemerintah untuk mulai merumuskan penyusunan suatu kalender Islam yang bersifat universal. Kalender itu tidak hanya berlaku bagi umat Muslim di Indonesia, tapi umat Muslim di seluruh dunia.

"Pemerintah bisa menginisiasi pengusulannya di forum OKI (Organisasi Konferensi Islam)," ujar Din.

Keberadaan suatu kalender Islam yang bersifat universal, dinilai bisa menghindarkan kontroversi yang selama ini terjadi antara pemerintah dan beberapa organisasi masyarakat terkait penetapan awal dan akhir Ramadan.

Keberadaan kalender seperti itu juga bisa memberikan keuntungan ekonomi, khususnya kepada negara-negara yang menggunakan perhitungan Islam sebagai perhitungan kalender nasional mereka.

"Selama ini terkadang ada negara yang merugi di bidang perdagangan. Ia mengirimkan barang pada tanggal 1 Syawal di negaranya, namun negara penerimanya ternyata menerapkan tanggal 1 Syawal yang berbeda sehari. Penerimaan barangnya menjadi tertunda," ujar Din.

(ind/viva)

SHARE US :
Komentar Via Facebook :