Dikhawatirkan Terlibat Aksi, Puluhan Siswa SMK Batam Diamankan Polisi

Dikhawatirkan Terlibat Aksi, Puluhan Siswa SMK Batam Diamankan Polisi

Polisi mengamankan puluhan pelajar SMK di Batam, Jumat (27/9/2019). (Foto: Yude/Batamnews)

Batam - Puluhan Siswa SMK di Kota Batam diamankan pihak kepolisian Polresta Barelang di depan Komplek Industri Camo, Jumat (27/9/2019) sekitar pukul 16.00 WIB. Mereka melakukan konvoi yang akhirnya mengundang reaksi aparat.

Mereka masih mengenakan seragam putih abu-abu. Aparat tengah melakukan pemeriksaan. Tidak ada kericuhan antara siswa dengan polisi, mereka hanya ditanyai dan diberi pengarahan oleh pihak kepolisian untuk tidak terlibat dalam unjuk rasa.

Kapolsek Batam Kota, AKP Ricky Firmansyah menegaskan kepada para siswa ini untuk tidak terpengaruh ajakan-ajakan yang tidak jelas. "Ini pelajaran dan peringatan terakhir. Kalau ada ajakan tidak baik jangan dituruti," tegas Ricky.

 

 

Beberapa pelajar SMK lainnya saat ditanyai oleh Kasat Sabahara Polresta Barelang, Kompol Firdaus mengatakan jika mereka mendapat kabar dari grup solidaritas STM/SMK di Batam terkait aksi demo. Namun mereka mengaku datang bukan untuk bergabung dalam demo.

"Kalau kami tadi mau ke Masjid Agung pak. Kami dapat kabar ada informasi demo siang ini. Jadi kami ke sana ingin bersihin sampah saja," ungkap salah seorang pelajar tersebut memperlihatkan kantong kresek yang mereka siapkan.

Mereka mengaku berkoordinasi dalam grup antar sesama SMK. "Kami punya grup, itu ada 8 sekolah SMK di Batam. Awalnya dari suporter futsal," tukas pelajar yang ditanyai.

Polisi mengkhawatirkan jika pelajar-pelajar ini dipengaruhi untuk bergabung dalam rencana aksi demo mahasiswa pada Senin (30/9/2019) di Batam Center..

"Kalian ini anak sekolah. Kamu disuruh sekolah. Bukan disuruh konvoi dekat sini. Belajar yang baik," ujar Kompol Firdaus menasihati.

Saat ini, puluhan siswa tersebut sudah dipulangkan menggunakan mobil polisi ke rumah masing-masing.

(ude)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews