Tarif Listrik Orang Miskin Naik, Buat Orang Kaya Turun

Tarif Listrik Orang Miskin Naik, Buat Orang Kaya Turun

Ilustrasi tarif listrik. (foto: ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta - Menjelang Lebaran tahun ini, PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) mengumumkan kenaikan tarif listrik. PLN berencana menaikkan tarif listrik untuk golongan rumah tangga biasa atau daya 450 VA-900 VA dari sebelumnya Rp 415 per KWH (450 VA) dan Rp 605 per KWH (900 VA) menjadi 1.526 per KWH.

Langkah ini menyusul rencana pengalihan subsidi dari semula melalui PLN, kini disalurkan langsung ke masyarakat miskin.

Kondisi berbeda justru terjadi pada masyarakat atau pelanggan PLN golongan atas atau yang tak disubsidi. Tarif listrik dengan daya 2.200 VA bakal diturunkan seiring turunnya harga minyak dunia.

"Agustus nanti untuk golongan 2.200 VA akan mengalami penurunan. Ya angkanya kecil sekali, sekitar Rp 1-Rp 5 per KWH," kata Direktur Utama PLN Sofyan Basir di Jakarta, Rabu (15/7/2015) seperti dilansir merdeka.

Dia menyadari, karena kecilnya penurunan tarif listrik tersebut, pelanggannya tidak terlalu merasakannya. Sofyan menuturkan, penurunan ini bakal dirasakan kalangan industri.

"Ya memang penurunan ini sangat kecil angkanya. Tapi ini sangat berpengaruh untuk industri, lumayan bisa mengurangi anggarannya," ungkapnya.

Dia menambahkan, bagi golongan 1.300 VA-2.200 VA, PLN memastikan tidak akan ada kenaikan tarif sampai akhir tahun nanti.

(ind/bbs/merdeka)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews