MA YPKL Lingga Meriahkan Tahun Baru Islam dengan Berbagai Lomba

MA YPKL Lingga Meriahkan Tahun Baru Islam dengan Berbagai Lomba

Salah seorang siswi MA YPKL Daik Lingga ketika mengikuti lomba menulis surah Al-Fatihah (Foto:ist)

Lingga - Madrasah Aliyah (MA) Yayasan Pendidikan Kemajuan Lingga (YPKL) Daik, menggelar berbagai perlombaan keagamaan dalam rangka memeriahkan tahun baru islam 1441 Hijriah. Kegiatan ini dilaksanakan Rabu (11/9/2019) kemarin, selama satu hari.

Kepala MA YPKL Daik, Hasril Hamka mengatakan, perlombaan tersebut dibuat juga berdasarkan surat imbauan dari Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Lingga, tentang pelaksanaan kegiatan pekan muharam.

"Pelaksanaan pekan muharam ini rutin dilaksanakan tiap tahun. Kegiatan ini merupakan bagian dari pengembangan bidang keagamaan di sekolah, untuk melahirkan generasi muda yang unggul di bidang IPTEK maupun IMTAQ," kata dia.

Sementara itu, Ketua Panitia Kegiatan sekaligus Waka Kesiswaan MA YPKL, Selamat menjelaskan, adapun beberapa perlombaan yang digelar yakni, lomba menulis surah Al-Fatihah, lomba menulis dan membaca kultum (kuliah tujuh menit), serta lomba membaca doa-doa setelah shalat.

"Meski keterbatasan dana, namun kami bersama seluruh pengurus OSIS MA YPKL sepakat menggelar acara tersebut, demi pendidikan agama anak kita agar lebih baik kedepannya," ujar Selamat.

Ia menjelaskan, untuk peserta lomba menulis kultum, diikuti 32 siswa yang berasal dari seluruh kelas. Begitu juga dengan lomba menulis surah Al-Fatihah.

"Khusus lomba membaca doa, perwakilan setiap kelas 5 orang. Jadi total pesertanya 15 siswa. Perlombaannya digelar dari pagi hingga siang. Sedangkan untuk juri sendiri, kami melibatkan para guru yang memang memiliki keahlian di bidangnya," pungkasnya.

Lanjut Selamat, para pemenang dalam lomba tersebut diberikan hadiah hiburan berupa makanan ringan dan plastik pecah belah. "Hadiahnya memang tidak seberapa, tapi Insya Allah bermanfaat untuk semua anak-anak," katanya.

(ruz)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews