Cahaya Matahari Redup di Langit Tanjungpinang Terselubung Kabut Asap

Cahaya Matahari Redup di Langit Tanjungpinang Terselubung Kabut Asap

Kabut asap mengurangi jarak pandang dan membuat cahaya matahari meredup terselubung kabut yang tebal. (Foto: Sutana/Batamnews)

Tanjungpinang - Kabut asap kian tebal menyelimuti ibokota Provinsi Kepri, Tanjungpinang, Kamis (12/9/2019). Bahkan kepekatannya makin tebal memasuki sore hari. Sementara jarak pandang makin terbatas.

"Kabut asap sudah terlihat sejak pagi hari, memasuki siang hari ini terlihat makin tebal," kata Ardi warga Dompak, Tanjungpinang, Kamis (12/9/2019).

Menurutnya kabut asap yang menyelimuti Tanjungpinang ini sudah terlihat sejak awal pekan kemarin. Kendati tidak setebal seperti yang terlihat saat ini. Saat ini sinar matahari saja tidak seterik biasanya, karena terselubungi kabut asap

"Kami tiap hari biasa lewat jembatan I  Dompak, biasanya dapat melihat jelas rumah dan bangunan diseberang jembatan, sekarang samar-samar bahkan tidak terlihat," ujarnya.

Sementara itu Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Giofisika (BMKG) Tanjungpinang W Dhira Utama mengatakan, kabut asap yang menyelimuti ibukota Provinsi Kepri Tanjungpinang merupakan kabut asap kiriman dari daerah Jambi dan Kalimantan. Saat ini titik hot spotnya paling banyak.

"Bila dilihat arah angin saat ini, kabut asap ini diperkirakan berasal dari daerah Jambi dan Kalimantan," kata Dira.

Walau saat ini kabut asap yang menyelimuti hampir diseluruh wilayah di daerah Kepri, namun belum sampai mengganggu jadwal penerbangan dan juga pelayaran. Ia mengimbau warga untuk berhati-hati sehingga tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

"Jarak pandang masih aman untuk pelayaran dan juga penerbangan. Sehingga pihaknya belum memberikan peringatan apalagi sampai menghentikan untuk dua jasa transportasi tersebut," ujarnya.

(sut)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews