Edutainment Park Pertama di Sumatera Segera Hadir di Sukajadi

Edutainment Park Pertama di Sumatera Segera Hadir di Sukajadi

Edutainment Park Ninos (Foto: Batamnews)

Batam - Kota Batam akan segera punya daya tarik baru. Ninos, sebuah edutainment park, pusat belajar dan bermain dalam ruang yang dikemas menyerupai sebuah kota kecil akan hadir di Batam. 

Di Ninos, pengunjung nantinya akan bisa melakukan simulasi lebih dari 70 profesi yang biasa dijumpai di dunia nyata. Pengunjung bisa merasakan pengalaman seru bagaimana bekerja dan memerankan berbagai profesi tersebut dengan nuansa ruang, perlengkapan dan peralatan yang hampir sama seperti aslinya.

“Secara konsep, kawasan belajar dan bermain seperti Ninos ini baru pertama ada di Sumatera, dan bangganya itu bisa kita bangun di Batam. Sekarang sudah hampir rampung dan rencananya akan mulai beroperasi untuk publik di pertengahan Oktober tahun ini,” ujar Denni Delyandri, Chief Executive Officer (CEO) Ninos.

Menurut Denni, Ninos  didirikan dengan dasar pemikiran bahwa anak-anak ingin belajar dengan berpartisipasi di dunia nyata. Hal ini diperkuat dengan penelitian yang telah menunjukkan bahwa dengan memberikan anak-anak akses ke aktivitas kehidupan nyata yang menghibur dan memberi informasi, mereka akan lebih siap untuk membangun keterampilan hidup dan tetap fokus di kelas.

Wali Kota Batam HM Rudi menerima tim Ninos (Foto: Batamnews)

Dia menambahkan bahwa di setiap fasilitas dan infrastruktur di Ninos, perusahaan yang bekerjasama dapat  mensponsori landmark dan bisnis untuk membantu membuat pengalaman anak anak dan keluarga menjadi seotentik mungkin.

"Mitra industri bekerja sama dengan kami untuk membuat setiap fasilitas di kota ini unik, sekaligus memastikan setiap pekerjaan dimodelkan pada contoh kehidupan nyata," kata Denni.

Respon positif datang dari masyarakat. Meskipun belum beroperasi, tiket masuk Ninos Edutainment Park sudah terjual lebih dari 5 ribu lembar. “Ini bukti masyarakat antusias dengan kehadiran Ninos dan mereka membutuhkan satu sarana yang bisa memberikan pengalaman pendidikan dan bermain sekaligus,” kata Denni.

Tak hanya masyarakat,  pemerintah kota Batam juga menyambut baik kehadiran Ninos Edutainment Park, karena Ninos dapat mengembangkan dua bidang penting, yakni pendidikan dan pariwisata.

Kepala dinas Pariwisata kota Batam Ardiwinata mengharapkan Ninos tidak hanya menarik bagi warga Batam, namun juga bagi wisatawan, khususnya mancanegara. 

“Kita juga berharap ini bisa menjadi salah satu sarana untuk memperkenalkan kebudayaan daerah kita,” ujarnya.

Sebelumnya, dalam acara Ninos School Gathering, pertemuan antara Ninos dengan sejumlah kepala TK di Batam beberapa waktu lalu, Kepala Dinas Pendidikan kota Batam, Hendri Arulan mengatakan bahwa konsep yang menyatukan pendidikan dan hiburan merupakan hal yang baru di Batam. 

Selama ini menurutnya hanya ada tempat bermain saja, namun belum menyatukan antara pendidikan dan hiburan.

Ninos menempati sebuah kawasan dengan luas area 6600 meter persegi, terletak di Komplek Dermaga, Sukajadi, Batam Kota.

(*)

 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews