Kampung Toga di Karimun Berpeluang Juara Nasional Tahun 2019

Kampung Toga di Karimun Berpeluang Juara Nasional Tahun 2019

Tim penilai Kampung Toga di Karimun melakukan penilaian. (Foto: Edo/Batamnews)

Karimun - Kampung Toga Asuhan Mandiri (Asman) Selasih di Parit Lapis RT 02/RW 03, Kelurahan Parit Benut, Meral, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, masuk peringkat empat besar nasional.

Kampung Toga (Tanaman Obat Keluarga) lainnya di Kabupaten Karimun masih berpeluang meraih prestasi di tingkat nasional tahun 2019.

Pada tahun sebelumnya Kelompok Asman Kampung Toga dan Akupresur Kunyit Asam, Kelurahan Harjosari, Kecamatan Tebing, Kabupaten Karimun, keluar sebagai juara satu nasional.

Saat ini, masih dilakukan tahap penilaian untuk menentukan pemenang tingkat nasional. Pada Kamis (30/8/2019), tim penilai tingkat nasional mendatangi Kampung Toga Selasih.

"Karimun merupakan daerah pertama di antara empat daerah yang akan kita nilai untuk tingkat nasional tahun ini," kata Priatmo Triwibowo, Kasi Hattra Dit Yankestrad Pusat yang juga Ketua tim penilaian 'Asman' tingkat nasional.

Penilaian yang diberikan diantaranya adalah bagaimana masyarakat dapat memahami pentingnya asuhan mandiri dan toga serta manfaat-manfaat dari tanaman yang ada.

Kampung Toga Selasih Karimun, bersaing dengan tiga kandidat lainnya dari Provinsi Kalimantan Selatan, Sumatera Selatan dan Riau.

"Karimun yang mewakili Kepri sebagai daerah yang masuk dalam nominasi perkotaan," ujar Priatmo.

Tim penilai yang datang, dapat mendengar dan melihat secara langsung, apa saja yang sudah dilakukan oleh kelompok Asman Toga Selasih.

Namun, Bupati Karimun berharap agar hal tersebut tidak menjadi perlombaan semata. Namun, dapat dipertahankan dalam kehidupan sehari-hari.

“Yang kita harapkan kegiatan yang dilakukan hari ini bukan hanya berakhir diperlombaan saja, tapi juga bagaimana ke depan agar ini dapat dipertahankan dalam menerapkan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi tanaman-tanaman obat menjadi bagian dalam kehidupan sehari-hari,” kata Rafiq.

(aha)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews