Puskesmas Lanjut di Lingga Bersiap Menuju Akreditasi Lewat Pra Survei

Puskesmas Lanjut di Lingga Bersiap Menuju Akreditasi Lewat Pra Survei

Kepala Seksi (Kasi) Pelayanan Kesehatan di DKPPKB Lingga, Ahmad Mudlofir (paling kiri) ketika berada di Puskesmas Lanjut (Foto:ist/Batamnews)

Lingga - Puskesmas Lanjut, Kecamatan Singkep Pesisir, Kabupaten Lingga, akan menjalani proses akreditasi di tahun 2019 ini. Sebelum survei akreditasi tersebut dilakukan, puskesmas ini terlebih dulu akan melakukan kegiatan pra survei pada 30 Agustus-1 September 2019.

Kepala DKPPKB Lingga, dr Asri Wijaya melalui Kepala Seksi (Kasi) Pelayanan Kesehatan, Ahmad Mudlofir mengatakan, pra survei akreditasi ini merupakan tahapan yang ke-6 dalam proses akreditasi di puskesmas, sebelum pelaksanaan survei.

"Pra survei ini tujuannya untuk menilai kesiapan Puskesmas Lanjut dalam menghadapi penilaian oleh surveior dari Kemenkes RI nanti, yang direncanakan pada minggu kedua bulan September 2019. Pra survei ini juga untuk menilai upaya-upaya perbaikan dan peningkatan mutu pelayanan Puskesmas Lanjut," kata dia kepada Batamnews, Kamis (29/8/2019).

Ia menjelaskan, selain Puskesmas Lanjut, di tahun 2019 ini Puskesmas Posek dan Resang juga akan mengikuti proses akreditasi. Untuk pelaksanaan pra survei, dilakukan secara bertahap.

"Iya kami lakukan bertahap. Oktober nanti Puskesmas Posek dan di November baru Puskesmas Resang. Target kami, setelah pra survei ini, Puskesmas Lanjut sudah layak untuk di survei oleh surveior dari Kementrian Kesehatan RI," ujarnya.

Diketahui, adapun tim penilai pra survei ini berasal dari Tim Surveior Dinkes Provinsi Kepri, di dampingi tim dari DKPPKB Lingga. Sementara untuk kegiatan ini sendiri dibuat oleh DKPPKB Lingga.

"Biasanya kegiatan ini dimulai jam 08.00 WIB - 16.00 WIB, seperti  pelaksanaan survei yang sebenarnya. Tapi agar bisa maksimal hasilnya, biasanya kegiatan pra survei melebihi kapasitas jam kerja nya, seperti di Puskesmas Daik tahun lalu, bisa sampai jam 02.00 WIB," pungkasnya.

(ruz)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews